Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Napak Tilas Peristiwa Rengasdengklok, Anies Komitmen Perhatikan Tempat Bersejarah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 04 Desember 2023, 16:13 WIB
Napak Tilas Peristiwa Rengasdengklok, Anies Komitmen Perhatikan Tempat Bersejarah
Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan berkunjung ke rumah sejarah Djiauw Kie Siong di Rengasdengklok, Karawang, Senin (4/12)/Ist
rmol news logo Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan berkunjung ke rumah sejarah Djiauw Kie Siong  dalam rangkaian agenda kampanye di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/12).

Di rumah itulah, Bung Karno dan Bung Hatta, dibawa para pemuda yang mendesak dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan.

Di rumah tersebut Anies bertemu dengan ahli waris sekaligus cucu Djiauw Kie Siong bernama Suyanto.

"Kita memperhatikan pada tempat-tempat bersejarah untuk jadi pelajaran bagi anak-anak baru kita. Karena tempat bersejarah harus terus menjadi memori kolektif bagi seluruh rakyat Indonesia," jelas Anies.

Anies bersyukur bisa melihat langsung rumah  Djiauw Kie Siong dan berbincang dengan ahli waris. Capres yang diusung Nasdem, PKS, dan PKB itu memuji pilihan para ahli waris yang tetap merawat tempat bersejarah.

"Ini sebuah keluarga yang memilih untuk merawat tempat bersejarah yang seharusnya negara ikut mengurusi," ungkap jagoan Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

Anies pun menyinggung Kebijakan yang pernah dibuatkan saat bertugas menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Saat itu Anies membebaskan PBB untuk rumah veteran, perintis kemerdekaan, dan penerima gelar pahlawan nasional.

Selain PBB yang digratiskan, kata Anies, kebijakan lainnya adalah pengalokasian anggaran perawatan bagi tempat bersejarah agar tidak menjadi beban bagi ahli waris.

"Kemudian infrastruktur pendukung juga perlu ditingkatkan. Sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa menjangkau tempat-tempat bersejarah ini dan mengambil hikmah dari semua peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di masa lalu,” bebernya.

“Itu komitmen kami bagi tempat-tempat bersejarah," tandas Anies.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA