Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Walikota Melbourne, Heru Bahas Banjir hingga Perubahan Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 04 Desember 2023, 10:44 WIB
Bertemu Walikota Melbourne, Heru Bahas Banjir hingga Perubahan Iklim
Pertemuan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Walikota Melbourne, Sally Capp di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim-COP 28 di Dubai, Persatuan Emirat Arab (UEA)/Ist
rmol news logo Terungkap fakta bahwa Kota Melbourne, Australia dan Kota Jakarta menghadapi tantangan yang serupa, seperti banjir, kenaikan permukaan air laut dan perubahan iklim.

Beberapa masalah tersebut terungkap saat Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Walikota Melbourne, Sally Capp melakukan pertemuan bilateral untuk menjajaki rencana kerja sama Jakarta-Melbourne, pada Sabtu (2/12). Pertemuan ini diselenggarakan di sela-sela agenda kedua pemimpin kota dalam Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim-COP 28 di Dubai, Persatuan Emirat Arab (UEA).

"Melbourne dan Jakarta sama-sama merupakan anggota dari C40 Cities, yang memiliki komitmen kuat untuk mencapai kesepakatan Paris Agreement, yaitu menjaga agar kenaikan suhu global tidak melebihi 1,5 derajat celsius," kata Heru dikutip dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Senin (4/12).

Heru menyampaikan bahwa operasional Kantor Walikota Melbourne telah seratus persen menggunakan energi terbarukan.

"Terkait hal ini Jakarta dapat belajar dari Melbourne," kata Heru.

Walikota Melbourne, Sally Capp, merespons positif semangat kerja sama yang dibawa oleh Pj Gubernur DKI Jakarta.  

"Kami percaya bahwa sinergi antar kedua kota akan membawa manfaat besar bagi kedua pihak. Melbourne dan Jakarta adalah pusat kegiatan ekonomi, budaya, dan pendidikan di masing-masing negara. Bersama-sama kita dapat menciptakan kesempatan baru dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Walikota Capp.

Lebih lanjut, kedua pemimpin kota juga membahas beberapa bidang yang prospektif untuk ditindaklanjuti, seperti pembangunan urban berkelanjutan, aksi mitigasi perubahan iklim, pertukaran magang bagi para pegawai pelayan publik, dan penjajakan hubungan sister city.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA