Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkumpul di Belanda, Diaspora Eropa Bersatu Rapatkan Barisan Dukung Ganjar-Mahfud

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Minggu, 03 Desember 2023, 07:59 WIB
Berkumpul di Belanda, Diaspora Eropa Bersatu Rapatkan Barisan Dukung Ganjar-Mahfud
Kampanye Akbar Eropa Bersatu untuk pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD secara virtual pada Sabtu (2/12)/Ist
rmol news logo Ratusan Diaspora Indonesia di berbagai negara Eropa berkumpul di Vught-Belanda dalam acara Kampanye Akbar Eropa Bersatu untuk pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Sabtu (2/12).

Kendati suhu di Vught, Belanda mencapai nol derajat celcius, namun tidak menyurutkan para diaspora Indonesia di Eropa untuk berkumpul dalam rangka memenangkan Ganjar-Mahfud.

Kepedulian Diaspora Indonesia terhadap situasi politik terkini di Indonesia mendorong mereka untuk lebih aktif menyuarakan dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud yang dipercaya dapat memegang amanah konstitusi dan mempertahankan semangat Reformasi melalui jalan demokrasi di Indonesia.

Acara Eropa Bersatu bertambah semarak dengan kehadiran langsung capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD secara virtual untuk memberikan kata sambutan.

Mereka menyampaikan program kerja dan memberikan dorongan semangat kepada masyarakat Diaspora Indonesia yang menetap di Eropa.

Selain hadirnya Paslon Nomor Urut 3, beberapa figur publik terkenal juga hadir secara virtual, seperti Menparekraf Sandiaga S. Uno, Ketua Umum Persatuan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami) Prof. Dr. Hj. Siti Nur Azizah Ma'ruf Amin, pengusaha Dharmaji Suradika, influencer Mazdjo Pray, pengacara Ronny Talapessy dan lainnya.

Tak hanya itu, para pendukung Ganjar-Mahfud di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura dan negara lainnya juga ikut hadir untuk memberikan semangat kepada Diaspora Indonesia di Eropa, baik secara virtual maupun melalui rekaman video, sebagai wujud solidaritas gerakan "World For Ganjar-Mahfud".

Acara Eropa Bersatu ini juga diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pertunjukan tari-tarian, penampilan penyanyi, pembacaaan puisi, pemutaran video, flashmob dance, hiburan musik band, joget bersama dan acara temu kangen kebersamaan Diaspora Indonesia di Eropa.

Tak kalah pentingnya adalah kehadiran Warung D3mokrasi, yaitu bazar yang menawarkan aneka ragam kuliner tradisional dan produk khas Indonesia lainnya.

Selama acara Eropa Bersatu berlangsung, berkali-kali terdengar pengunjung meneriakkan nama Ganjar-Mahfud sambil mengacungkan tiga jari.

"Simbol tiga jari ini juga merupakan lambang gerakan perjuangan untuk memegang teguh amanah konstitusi NKRI, mempertahankan semangat Reformasi 1998 melalui kehidupan demokrasi di Indonesia," ujar Sofana Plant, Diaspora Indonesia yang menetap di Belanda.

Sebelum menutup acara resmi Eropa Bersatu, MC Sakaria Wielgosz mengajak pengunjung untuk bersama-sama membacakan "Deklarasi" yang berisi seruan untuk kampanye damai dan pelaksanaan Pemilu yang jujur adil.

Selanjutnya ditayangkan rekaman video sambutan dari Arsjad Rasjid selaku Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud yang berhalangan hadir langsung secara virtual. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA