Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo: Kita Tidak Ingin jadi Pasar Produk Jepang, Tapi jadi Mitra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 24 November 2023, 13:39 WIB
Prabowo: Kita Tidak Ingin jadi Pasar Produk Jepang, Tapi jadi Mitra
Calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Indonesia tidak boleh lagi menjadi pasar dari produk-produk Jepang. Tetapi, Indonesia harus menjadi mitra dalam pengembangan usaha.

Begitu dikatakan calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto di acara Dialog Terbuka Muhammadiyah, di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/11).

Prabowo menceritakan bagaimana Jepang bertanya soal pasar bebas yang diberlakukan Indonesia. Namun pasar bebas itu tidak berlaku untuk komoditas industri makro seperti nikel, timah, dan tembaga yang sebelumnya dijual murah.

Prabowo juga mengaku kesal dengan Jepang yang menolak Indonesia mengekspor pisang, di mana dia mendapatkan laporan tersebut dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

"Produk-produk Jepang masuk ke kita, Toyota, Honda, semua masuk ke kita. Tapi, kita ekspor pisang saja tidak boleh sama mereka," kata Prabowo.

Jika nanti terpilih menjadi presiden, Prabowo menegaskan tidak akan mau menjadikan Indonesia pasar bagi negara asing. Tapi, mampu menguasai pasar dunia, lantaran Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat besar dan menjadi incaran dunia.

Prabowo mengatakan akan meneruskan program hilirisasi Presiden Joko Widodo dan melarang ekspor bijih mentah nikel ke asing.

"Nanti, kita akan bikin mobil-mobil buatan Indonesia dari listrik. Maaf, saya hormat pada Jepang, tapi kita tidak mau jadi pasar anda, kita mau jadi mitra anda kita mau jadi sahabat Anda," demikian Prabowo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA