Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netralitas Perangkat Desa di Pemilu 2024 Tidak Bisa Ditawar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 22 November 2023, 22:43 WIB
Netralitas Perangkat Desa di Pemilu 2024 Tidak Bisa Ditawar
Pendiri lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio/RMOL
rmol news logo Perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa wajib bersikap netral dalam menyambut Pemilu Serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan pendiri lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio menanggapi sinyal dukungan organisasi perangkat desa di Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023 pada Minggu (19/11).

"Para perangkat desa itu kan harus netral dalam Pemilu, itu tak bisa ditawar," kata Hendri Satrio dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/11).

Hensat, sapaan Hendri Satrio menuturkan, ketidaknetralan perangkat desa bisa berdampak buruk bagi demokrasi. Apalagi sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, peluang penyalahgunaan otoritas cukup terbuka.

"Bila mereka bersekongkol untuk kecurangan, itu sangat tidak bagus untuk demokrasi, terutama demokrasi di daerah yang mereka pimpin," tandasnya.

Hal senada disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Ia menuturkan, perangkat desa kerap direkrut menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Jika mereka tidak netral, maka pelaksanaan Pemilu yang jujur dan adil bisa terciderai.

"(Perangkat desa) Harus netral. Karena dia yang jadi KPPS. Kalau enggak (netral), bahaya itu," ujar Abdul Halim di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA