Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sapma PP Sabet Juara Umum Tingkat OKP di Festival Pemuda Indonesia 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 17 Oktober 2023, 01:56 WIB
Sapma PP Sabet Juara Umum Tingkat OKP di Festival Pemuda Indonesia 2023
Kontingen Sapma PP di Festival Olahraga Pemuda 2023/Ist
rmol news logo Festival Pemuda Indonesia 2023 garapan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) resmi ditutup Minggu (15/10) oleh Menpora RI Dito Ariotedjo.

Kegiatan ini mempertandingkan olahraga prestasi dan olahraga rekreasi yang diikuti puluhan organisasi kepemudaan (OKP) Indonesia.

Kontingen OKP Satuan Pelajar Siswa dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila berhasil meraih juara umum karena berhasil menyabet hasil maksimal di tiga kategori olahraga yang dipertandingkan dalam Festival Olahraga Pemuda 2023. Tiga cabang olahraga tersebut adalah Badminton Ganda Putra, Badminton Ganda Putri dan Gobak Sodor atau Hadang.

Adapun para atlet atau pegiat olahraga perwakilan kontingen SAPMA di Festival Pemuda Indonesia 2023 yang berhasil mendapatkan juara ialah Ganda Putra Bulutangkis Forverio Rivaldo dan Bernadus Bagas Kusuma Wardana, kemudian pasangan Putri Sekartaji dan Syifa Fauziah yang bermain di Ganda Putri Bulutangkis. Dan perwakilan pegiat olahraga dari jenis olahraga gobak sodor atau hadang.

Di kategori Jenis Olahraga Tarik Tambang, Kontingen SAPMA Pemuda Pancasila raih posisi kedua. Adapun untuk hadiah hiburan namun juga menarik para pendukung SAPMA Pemuda Pancasila dinobatkan sebagai juara untuk kategori 'Suporter Terheboh'.

Ketua Umum SAPMA Pemuda Pancasila, Teuku Aulia Arief, mengatakan keikutsertaan SAPMA Pemuda Pancasila di Festival Pemuda Indonesia 2023 sebagai upaya pengenalan dan pengembangan olahraga yang dihelat oleh Kemenpora tersebut. Selain itu juga sebagai parameter pembinaan olahraga serta wahana pembinaan olahraga secara berjenjang.

''SAPMA Pemuda Pancasila ikut dalam Festival Pemuda Indonesia 2023 ini untuk memberikan pengalaman para kader SAPMA dalam ikut serta dalam pengembangan olahraga,'' ujar Teuku Aulia Arief dalam keterangannya, Senin (16/10).

Teuku Aulia Arief berharap ajang seperti ini ke depan bisa semakin berkembang tidak hanya di Jakarta namun bisa juga diselenggarakan di daerah.

''Momentum bagus buat menyemarakan olahraga lewat festival ini, mungkin kedepan Kemenpora bisa melakukannya di daerah dan insya allah kader kader SAPMA Pemuda Pancasila di tingkatan wilayah akan turut berpartisipasi. Sekali lagi turut bangga atas capaian juara umum dan selamat buat para pemenang,'' tandas Teuku Aulia Arief.

Mengutip laman resmi kemenpora.go.id, kegiatan kepemudaan biasanya didominasi berbagai hal yang terkait dengan kepemimpinan, kepeloporan, dan partisipasi. Kalaupun urusan keolahragaan dilakukan anak-anak muda untuk kepentingan prestasi, tetapi jarang organisasi kepemudaan masuk dalam ruang-ruang yang strategis ini.

Festival Pemuda Indonesia ini mempertandingkan olahraga prestasi dan olahraga masyarakat atau olahraga rekreasi. Olahraga prestasi yang diperbandingkan yaitu futsal dan badminton, yang diikuti 34 tim dari 35 total kepesertaan. Sebanyak 32 tim mengikuti ganda putra badminton dan 16 tim di ganda putri.

Sementara untuk olahraga rekreasinya yaitu gobak sodor atau hadang, tarik tambang, dan juga bentengan. Bentengan diikuti delapan tim, tarik tambang diikuti 24 tim, dan juga gobak sodor diikuti 18 tim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA