Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggaran Defisit, Pj Gubernur Sulsel: Saya Nakhoda, Kapal Ini Mau Tenggelam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 16 Oktober 2023, 06:22 WIB
Anggaran Defisit, Pj Gubernur Sulsel: Saya Nakhoda, Kapal Ini Mau Tenggelam
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin/Ist
rmol news logo Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Bahruddin melontarkan sindiran keras kepada mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang dinilai meninggalkan banyak beban utang bagi kepemimpinan saat ini.

Dirjen Polpum Kemendagri itu bahkan mengatakan bahwa Sulsel kini telah bangkrut.

Bukan tanpa alasan, Bahtiar menyebut Sulsel bangkrut lantaran defisit anggaran mencapai angka yang cukup fantastis yakni Rp1,5 triliun. Hal itu pun menjadi masalah besar yang harus dihadapi sebagai Penjabat Gubernur Sulsel.

"Ada Rp1,5 triliun defisit anggaran, daerah ini bangkrut. Jadi, ibarat kapal, saya nakhoda dan ini kapal mau tenggelam," kata Bahtiar dikutip Kantor Berita RMOLSulsel, Senin (16/10).

Lebih jauh, Bahtiar menjelaskan bahwa penyebab defisit itu berasal dari seluruh dipangkasnya kegiatan di Pemprov Sulsel yang direncanakan di anggaran perubahan 2023, bahkan ditahan hingga Desember mendatang.

"Kegiatan kita rancang di APBD perubahan 2023, kita puasa sampai Desember. Angka Rp10,3 triliun itu angka fiktif, uangnya tidak ada. Ini yang saya sampaikan ke Kementerian Dalam Negeri," terangnya.

Di samping itu, pemerintah daerah juga tentunya akan terus menjaga iklim investasi dan mendorong kemajuan dunia usaha domestik. Terkait arsitektur pendapatan tersebut, maka Pendapatan Daerah pada Tahun Anggaran 2024 diproyeksikan sebesar Rp10,466 Triliun, meningkat 3,29 persen.

"Jika dibandingkan dengan target pendapatan Tahun 2023 sebesar Rp10,133 triliun, yang terdiri dari Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp6,13 triliun atau meningkat sebesar Rp335,78 miliar lebih, Target Pendapatan Transfer sebesar Rp4,32 triliun lebih atau menurun," pungkas Bahtiar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA