Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Hari Ini PKB Gelar Apel-Parade di Tugu Proklamasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 01 Oktober 2023, 06:27 WIB
Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Hari Ini PKB Gelar Apel-Parade di Tugu Proklamasi
Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Sjamsurijal/Net
rmol news logo Menyambut peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar apel dan parade budaya. Kegiatan bertajuk Parade dan Apel Pancasila Sakti ini akan dipimpin langsung Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, pada hari ini, Minggu (1/10).

"Apel Pancasila Sakti di Tugu Proklamasi besok akan dipimpin langsung oleh Gus Imin sebagai bentuk penghormatan dan komitmen lestarinya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia," ujar Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Sjamsurijal, dalam keterangannya, Sabtu (30/9).

Cucun menambahkan, PKB memandang Pancasila sebagai konsepsi final dasar negara, yang mempunyai nilai-nilai transendental sekaligus kristalisasi kehidupan sosiologis masyarakat Indonesia.

"Bagi PKB sudah tidak ada lagi perdebatan mengenai konsepsi Pancasila sebagai dasar negara. Pandangan ini juga tercermin secara konsisten dalam perjuangan kader-kader PKB baik di ranah legislatif, eksekutif, maupun di tengah masyarakat," ujarnya.

Berdasarkan rekam jejak yang ada, kata Cucun maka sudah tidak relevan jika ada yang mempertanyakan komitmen kader-kader PKB terhadap Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Menurutnya, kader-kader PKB akan selalu berada di garda terdepan dalam menjaga Indonesia dari upaya pecah belah karena perbedaan baik karena suku, agama, ras, maupun ragam budaya.

"juga di tengah hangatnya konstelasi politik Indonesia saat ini, PKB akan tetap menjadikan PBNU sebagai nilai yang tidak bisa ditukar dengan kepentingan apapun," tegasnya.

Lebih jauh, Cucun mengungkapkan Apel Pancasila Sakti akan diisi dengan parade budaya seperti Reog Ponorogo, Barongsai, Ondel-Ondel, Tanjidor, marching band, hingga berbagai tarian nusantara. Parade budaya ini menjadi gambaran jika di Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan ras yang berbeda-beda meskipun tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami berharap parade budaya ini menjadi pengingat bahwa di tengah berbagai perbedaan yang ada di Indonesia, Pancasila tetap menjadi rantai kuat bagi kita untuk saling terikat dan bergandengan tangan sebagai sesama anak bangsa," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA