Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei SMRC: Pasangan Ganjar-Mahfud Ungguli Anies-Cak Imin dan Prabowo-Erick di Jatim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 28 September 2023, 14:05 WIB
Survei SMRC: Pasangan Ganjar-Mahfud Ungguli Anies-Cak Imin dan Prabowo-Erick di Jatim
Pendiri SMRC, Prof. Saiful Mujani/Ist
rmol news logo Simulasi pasangan bakal capres-cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024, pasangan Ganjar-Mahfud MD mengungguli Anies-Muhaimin dan Prabowo-Erick di Jawa Timur (Jatim).

Demikian temuan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Kekuatan Anies-Muhaimin di Jawa Timur” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Kamis (28/9).

“Di Jawa Timur, dukungan pada pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 12 persen, Ganjar Pranowo – Mahfud MD 45 persen, Prabowo Subianto – Erick Thohir 28 persen, dan tidak jawab 14 persen,” kata Pendiri SMRC, Prof. Saiful Mujani.

Saiful mengurai, setelah hampir kurang lebih tiga minggu pasca-deklarasi Anies-Muhaimin, dukungan pada pasangan ini di Jawa Timur belum mengalami perkembangan.
 
“Mungkin butuh waktu yang lebih lama lagi untuk mengkampanyekan pasangan Amin ini (agar lebih berkembang). Setidak-tidaknya sampai survei terakhir ini (20-22 September 2023), kita belum melihat adanya perkembangan positif terhadap pasangan ini,” jelas Saiful.

Sebagai perbandingan, Saiful menyebut SMRC juga melakukan survei nasional secara tatap muka persis setelah deklarasi Anies-Muhaimin, 2 September 2023. Survei nasional tersebut dilakukan pada 2 sampai 11 September 2023. Survei dilakukan secara nasional, namun yang dianalisis adalah khusus di Jawa Timur.

Dalam format tanpa pasangan pada simulasi tiga nama, Ganjar Pranowo tetap mendapat dukungan 44 persen, Prabowo Subianto 23 persen, Anies Baswedan 14,2 persen, sementara yang tidak menjawab atau tidak tahu 18,8 persen.

“Suara Anies di Jawa Timur tidak banyak berbeda dengan suaranya di tingkat nasional, bahkan cenderung lebih rendah,” ungkap Saiful.

Pada survei sebelumnya (31 Juli – 11 Agustus 2023), secara nasional Anies mendapatkan dukungan 20,4 persen. Ini menurut Saiful, menunjukkan di Jawa Timur, di mana deklarasi Anies-Muhaimin itu dilakukan, tidak membuat Anies menguat untuk sementara ini.
 
“Di Jawa Timur, Ganjar masih unggul, terutama dengan Anies, dengan selisih dukungan sekitar 30 persen,” tandasnya.

Survei SMRC ini digelar pada medio 20-22 September 2023 dengan teknik wawancara melalui telepon dengan menggunakan metode Random Digit Dialing (RDD).

RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Sebanyak 140 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, divalidasi, dan discreening.

Survei ini memiliki Margin of Error (MoE) sekitar ±8,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA