Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASN Diimbau Adil kepada Semua Parpol dan Calon di Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 26 September 2023, 11:28 WIB
ASN Diimbau Adil kepada Semua Parpol dan Calon di Pemilu 2024
mematuhi prinsip netralitas. [] ASN Pemkot Administrasi Jakarta Utara/Ist
rmol news logo Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini menegaskan bahwa ASN merupakan pelayan publik yang diharapkan netral dan tidak memihak kepada salah satu partai politik atau peserta (calon) pemilu.

Menurut Juaini, hal ini bertujuan memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan dengan adil dan bebas dari campur tangan yang tidak seharusnya.

Lima poin netralitas ASN, disebutkannya terdiri dari tidak berpartisipasi dalam kampanye politik, tidak menggunakan fasilitas atau sumber daya pemerintah untuk kepentingan politik, tidak terlibat dalam kegiatan politik aktif.

"Berikutnya, tidak memberikan perlakuan khusus dalam artian ASN harus memberikan perlakuan yang adil dan setara kepada semua partai politik dan calon tanpa memihak," kata Juaini dikutip Selasa (26/9).

Terakhir, menjalankan tugas-tugas pelayanan publik dengan integritas atau ASN harus menjalankan tugas-tugas pelayanan publik dengan integritas dan profesionalisme tanpa memandang latar belakang politik.

"Pelanggaran terhadap netralitas ASN tentunya dapat berakibat pada sanksi administratif atau hukum," kata Juaini.

 Apabila ASN tidak netral, kata Juaini, maka dapat merusak kepercayaan publik terhadap proses demokrasi. Sehingga penting bagi ASN untuk memahami dan mematuhi prinsip netralitas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA