Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Dipimpin Kaesang, Belum Tentu PSI Masuk Senayan, Kecuali Didorong Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 25 September 2023, 11:15 WIB
Jika Dipimpin Kaesang, Belum Tentu PSI Masuk Senayan, Kecuali Didorong Jokowi
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha/RMOL
rmol news logo Setelah resmi menjadi kader, putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dikabarkan bakal menduduki kursi ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI),  menggantikan Giring Ganesha.

Analis politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin berpendapat, meskipun Kaesang menjadi ketua umum PSI, rasanya berat parpol tersebut lolos ke Senayan.

Meski begitu, menurut Ujang, PSI di tangan Kaesang bisa saja menjadi partai besar jika ada campur tangan Jokowi di dalamnya.

"Masuknya Kaesang bisa jadi ketua umum, tiba-tiba jadi partai besar, bisa masuk Senayan, tidak mungkin, kalau tidak didorong oleh kekuasaan. Kalau tidak buatan Jokowi, ya melalui tangan orang lain," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (25/9).

Ujang berpandangan, PSI sulit mendulang suara untuk meloloskan wakilnya Senayan. Terlebih, sejumlah kader potensialnya kini sudah mengundurkan diri dari PSI.

"Enggak mungkin (masuk Senayan dengan gampang). Tahun lalu mati-matian, tidak lolos ke Senayan, apalagi sekarang banyak ditinggalkan oleh kader-kader potensialnya," tegasnya.

"Kalaupun masuk Senayan akan ada campur tangan kekuasaan," demikian Ujang.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA