Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo dan Ganjar Bisa Berpasangan Jika Kompromi Posisi Capres-Cawapres Tidak Alot

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 25 September 2023, 08:23 WIB
Prabowo dan Ganjar Bisa Berpasangan Jika Kompromi Posisi Capres-Cawapres Tidak Alot
Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Peluang Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berpasangan dengan politisi PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo berpotensi besar terjadi, jika kompromi elite kedua partai itu tidak alot.

Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara mengamati, baik Gerindra maupun PDIP telah membentuk koalisi yang berbeda.

Perbedaan barisan pendukung kedua bakal calon presiden (bacapres), kemungkinan akan menjadi ganjalan bagi Prabowo dan Ganjar bersatu.

"Meleburkan koalisi Prabowo dan Koalisi Ganjar sangat tergantung dari siapa yang pantas menjadi RI-1 dan siapa yang layak menjadi RI-2," ujar Igor kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (25/9).

Dia memandang, komposisi yang tepat untuk kemenangan adalah memastikan posisi bacapres didukung oleh mayoritas akar rumput. Sementara, sosok yang tidak lebih dominan basis suaranya ditempatkan pada posisi Bacawapres.

"Apakah pasangan Prabowo-Ganjar atau Ganjar-Prabowo. Sejumlah alasan mengatakan bahwa Prabowo-Ganjar lebih pas daripada sebaliknya," tuturnya.

Oleh karena itu, Igor memandang Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo potensi besar bergabung dengan Koalisi PDIP yang mengusung Ganjar, apabila lobi-lobi skema bacapres-bacawapres sesuai.

"Jadi politik adalah seni kompromi," demikian Igor menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA