Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cetak Ulang KTP jadi Momentum Sensus Warga Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 22 September 2023, 18:55 WIB
Cetak Ulang KTP jadi Momentum Sensus Warga Jakarta
Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiyantoro/Net
rmol news logo Seiring dengan perubahan status Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) akan melakukan pencetakan ulang KTP.

Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiyantoro, mengatakan, pencetakan ulang KTP ini bisa menjadi momentum untuk mengetahui data terkini jumlah warga yang masih tinggal di Jakarta.

“Karena banyak warga yang sudah tidak tinggal di Jakarta lagi, tapi KTPnya masih Jakarta. Nah ini momentum baik untuk pendataan ulang,” katanya di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (22/9).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mengimbau, pemerintah kota bisa melakukan penarikan identitas lama warga sebelum memberikan KTP baru, sebagai antisipasi kepemilikan KTP ganda.

“Harus terima dulu KTP lama, baru dikasih KTP baru. Lalu, KTP lamanya harus dimusnahkan, digunting atau dihancurkan supaya tidak ada KTP ganda,” ungkapnya.

Pergantian e-KTP untuk masyarakat Jakarta, nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Mengingat, pergantian e-KTP ini menyesuaikan ketersediaan blanko yang menjadi elemen penting dalam pembuatan kartu tanda penduduk itu.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA