Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Lagi Jabat Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Wanti-wanti Bey Machmudin Pertahankan JQR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 05 September 2023, 06:29 WIB
Tak Lagi Jabat Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Wanti-wanti Bey Machmudin Pertahankan JQR
Ridwan Kamil bersama pengurus JQR/Ist
rmol news logo Apresiasi diberikan Ridwan Kamil kepada buku berjudul "Rumah Kemanusiaan" yang diluncurkan oleh Jabar Quick Response (JQR) sebagai catatan bakti unit di bawah Diskominfo kepada permasalahan kemanusiaan yang dialami warga. Buku itu juga sekaligus rapor kinerja JQR selama lima tahun dalam kepemimpinan Ridwan Kamil bersama Uu Ruzhanul Ulum.

"Saya senang bahwa setiap ada masalah kemanusiaan JQR selalu hadir dengan cepat oleh sistem seperti ini," ujar Ridwan Kamil dalam peluncuran buku di Aula Barat Gedung Sate, dalam rangkaian West Java Festival (WJF) 2023, Ahad (3/9).

Menurutnya, JQR selalu hadir dalam masalah kemanusiaan dan siap siaga membantu dan menolong atas nama kemanusiaan.

Untuk itu, Kang Emil, begitu sapaannya, menitipkan kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin yang akan dilantik hari ini, Selasa (5/9), agar mempertahankan unit yang dilahirkan untuk mengatasi masalah yang butuh solusi cepat tanpa terhambat proses birokrasi.

"Saya sudah bertemu Pak Bey untuk menitipkan semua yang baik-baik ini, sebaiknya jangan diubah karena itulah yang membuat provinsi ini terbaik se-Indonesia. Kecuali ada gagasan baru, saya silakan Pak Bey untuk melakukan inovasi-inovasi," kata Kang Emil, dalam keterangannya yang dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Senin (4/9).

Sejak dibentuk pada 18 September 2018 hingga Mei 2023, JQR telah membantu 159 ribu warga, menerima 24.189 aduan masyarakat, 13.093 atau 54 persen di antaranya masuk kategori JQR.  Dari 13.093 aduan yang masuk tupoksi JQR tersebut, 9.392 aduan atau 71 persen telah terselesaikan, 3.764 atau 29 persen masih dalam proses.

JQR memiliki empat peran utama, yakni sebagai penerima aduan masyarakat, pengelola informasi, edukasi melalui kampanye media, dan melakukan advokasi terhadap warga terkait informasi dan kebijakan yang berhubungan dengan Covid-19.

JQR sebagai organisasi kemanusiaan di bawah naungan Pemprov Jabar juga telah berkolaborasi dengan 35 lembaga dan institusi baik pemerintah maupun swasta menyalurkan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker kepada ratusan puskesmas dan rumah sakit, juga paket sembako kepada ratusan ribu warga yang tersebar di 27 kabupaten dan kota di Jabar. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA