Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN: PKB Sudah Sepantasnya Pamitan dengan Koalisi Indonesia Maju

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 01 September 2023, 07:32 WIB
PAN: PKB Sudah Sepantasnya Pamitan dengan Koalisi Indonesia Maju
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar/Net
rmol news logo Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk memberikan posisi resmi mereka kepada Koalisi Indonesia Maju (KIM). Khususnya tentang pilihan politik untuk bergabung dengan Partai Nasdem dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP).

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay, menghormati keputusan PKB dan menganggap penting agar keputusan ini diumumkan secara transparan. Menurutnya, PKB perlu secara resmi memberitahu partai-partai dalam KIM tentang keputusannya bergabung dengan KPP.

“Jika benar PKB akan bergabung dengan KPP, sebaiknya disampaikan saja secara terbuka. PKB sudah sepantasnya pamitan dengan semua partai KIM. Sikap itu, tentu akan sangat patriotik dan ksatria,” katanya kepada wartawan, Jumat (1/10).

Di sisi lain, Saleh menangkap sinyal adanya ketidaknyamanan dari PKB sejak Golkar dan PAN mendukung Prabowo. Sinyal itu terlihat dari wacana dan pernyataan publik dari para pengurus PKB.

Ia menduga PKB khawatir akan adanya kompetitor lain dalam penentuan cawapres Prabowo. PKB ingin ada garansi bahwa Muhaimin Iskandar (Cak Imin) adalah tokoh yang akan dijadikan pendamping Prabowo, sehingga tidak keluar dari koalisi.

"Ini adalah bagian dari manuver PKB untuk mencari tempat bagi Cak Imin sebagai cawapres. Dalam banyak kesempatan, hal itu disampaikan para pengurus PKB secara terbuka,” kata Saleh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA