Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Atasi Polusi Udara Lewat Kendaraan Listrik, Legislator PDIP: Tak akan Berpengaruh Signifikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 28 Agustus 2023, 00:23 WIB
Atasi Polusi Udara Lewat Kendaraan Listrik, Legislator PDIP: Tak akan Berpengaruh Signifikan
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP, Rahmad Handoyo/Ist
rmol news logo Guna menekan polusi udara di wilayah Jabodetabek, pemerintah mendorong pengelolaan tenaga listrik sebagai alternatif jangka panjang. Arahnya, pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai pengganti kendaraan berbahan bakar fosil untuk mengurangi polusi udara.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menilai penggunaan listrik perlu diperhatikan, jika masih menggunakan sumber energi yang meningkatkan polusi seperti tenaga uap maka itu bukan solusi terbaik.

“Meskipun listrik digunakan untuk energi mobil, tapi ketika sumber energi pertamanya masih tenaga uap di tengah Jakarta ya, akan menjadi beban juga tidak akan berpengaruh secara signifikan,” kata Rahmad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (27/8).

Menurutnya, solusi jangka panjang untuk mengatasi permasalahan polusi udara ini dengan mengubah energi yang lebih ramah lingkungan.

“Panas bumi misalnya. Meskipun panas bumi itung-itungannya mahal,” katanya.

Legislator dari Fraksi PDIP DPR RI ini mengatakan, pemerintah perlu menghitung beban negara untuk mengubah PLTU dengan tenaga yang lebih ramah lingkungan namun tidak membebani APBN.

“Tapi, itu perlu dikalkulasi dengan cermat untuk mengurangi beban yang ada di Jakarta dengan cara mengubah PLTU dengan yang lebih ramah,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA