Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Perbedaan Pejabat dan Pemimpin Versi Anies Baswedan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 24 Agustus 2023, 00:21 WIB
Ini Perbedaan Pejabat dan Pemimpin Versi Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Saat masih aktif menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan rutin melakukan pelantikan terhadap sejumlah pejabat.

Ada pesan khusus yang selalu disampaikan Anies saat memberikan pengarahan seusai melantik pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.  Para pejabat itu diharapkan muncul sebagai pemimpin, bukan sekadar orang yang punya kedudukan.

Hal ini diceritakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melalui akun Instagram pribadinya saat berbincang dengan akademisi Prof Rhenald Kasali.

"Dengan (posisi) pejabat itu anda punya tandatangan yang semua orang dengarkan (patuhi). Tapi sesungguhnya, yang saya inginkan anda jadi pemimpin," kata Anies seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (23/8).

Menurut bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang diusung PKS, Demokrat, dan Nasdem ini, terdapat perbedaan antara pejabat dan pemimpin.

Seorang pemimpin, pikiran dan perbuatannya akan diikuti banyak orang. Baik itu memiliki jabatan atau tidak.

"Jadi saya minta ini surat (pelantikan) itu simpan saja di laci. Saya minta minta anda jadi pemimpin. Di mana orang akan menghormati anda, mengikuti anda, karena you are leader," jelas Anies. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA