Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Presiden Kenya, Jokowi Kenang Kedekatan Historis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 02:32 WIB
Bertemu Presiden Kenya, Jokowi Kenang Kedekatan Historis
Presiden Jokowi bersama Presiden Republik Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/8)/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Republik Kenya, Senin (21/8). Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara menyebut Indonesia dan Kenya memiliki kedekatan historis sejak lama.

“Kenya dan Indonesia miliki kedekatan historis sejak KAA (Konferensi Asia Afrika) di Bandung, tahun 1955 dan Gerakan Non Blok 1961,” ucap Presiden.

Sosok yang akrab disapa Jokowi itu lantas mendorong agar kemitraan antara negara-negara berkembang terus diperkuat menjadi lebih kokoh.

“Sudah saatnya dunia mendengarkan suara dan kepentingan negara-negara berkembang, termasuk hal untuk melakukan lompatan pembangunan,” ucap Jokowi.

Presiden menyampaikan keinginan Indonesia dalam meningkatkan investasi pada sektor energi di Kenya. Oleh karenanya, Jokowi meminta dukungan pemerintah Kenya agar investasi tersebut dapat segera terwujud.

“Saya minta dukungan agar investasi Pertamina dengan Geothermal Development Company senilai 1,5 miliar Dolar AS dan dengan Guma Group dapat segera terealisasi dan diperluas di bidang energi baru terbarukan,” ucapnya.

Dalam sektor kesehatan, Presiden berharap kerja sama antara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masing-masing negara dapat diperluas untuk produk obat dan produk farmasi lainnya.

“Kerja sama antara BPOM kedua negara dan kerja sama antara Biofarma dan BioVax bersama Generics Africa Ltd mengenai vaksin dan produk farmasi, saya harap dapat diperluas untuk produk obat dan produk farmasi lainnya,” harapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA