Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibaratkan Politik sebagai Balapan, Jokowi Ingatkan untuk Tidak Saling Sikut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 20 Agustus 2023, 04:10 WIB
Ibaratkan Politik sebagai Balapan, Jokowi Ingatkan untuk Tidak Saling Sikut
Presiden Joko Widodo saat menghadiri pembukaan Rakernas DPP GAMKI di Medan/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo kembali mengungkapkan keresahannya terkait situasi di masyarakat yang mulai memanas pada tahun politik saat ini. Presiden mengibaratkan kompetisi politik sebagai ajang balapan di atas sirkuit.

"Walaupun kita berkompetisi, dalam hal politik ini, kawan adalah kawan. Kalau racing, kalau balapan, boleh-boleh saja. Tapi jangan sikut-sikutan, apa lagi tendang-tendangan," kata Jokowi saat berpidato dalam acara pengukuhan dan Rakernas DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Lapangan Benteng, Kota Medan, Sabtu (19/8).

"Jangan antar tetangga tidak bisa saling menyapa setelah Pemilu. Jangan antar kawan tidak saling menyapa setelah Pilpres," imbuhnya.

Menurut Jokowi, kompetisi yang terjadi adalah pertandingan kekeluargaan atau persaudaraan.

"Kadang saya mikir, kita yang di atas sudah ngopi-ngopi bareng, sudah makan bersama, yang di akar rumput masih ramai, belum rampung-rampung," tuturnya.

"Ini lah yang sering kita lupa. Karena pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Dan baiknya menang mengajak yang kalah untuk membantu. Kalaupun tidak membantu, sebisa mungkin jangan mengganggu," tandas Jokowi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA