Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Investasi 175 Triliun ke Indonesia, Didik J Rachbini: Jangan Sampai SDA Kita Diserahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 31 Juli 2023, 13:44 WIB
China Investasi 175 Triliun ke Indonesia, Didik J Rachbini: Jangan Sampai SDA Kita Diserahkan
Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Pemerintah China menggelontorkan investasi senilai Rp175 triliun kepada Indonesia. Usai dikunjungi Presiden Joko Widodo di Sinchuan, China, pekan lalu.

Menyikapi hal tersebut, ekonom senior Indef Didik J Rachbini menuturkan investasi yang diberikan China ke Indonesia, mayoritas untuk tambahan investasi hilirisasi.

Rektor Universitas Paramadina ini berharap Indonesia tidak menggadaikan sumber daya alamnya untuk dikelola pihak asing terutama China.

“Jangan sampai sumberdaya alam kita diserahkan pengelolaan dan nilai tambahnya ke asing semua seperti kasus minyak dan gas,” tegas Didik kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (31/7).

“Kita mendapat sedikit nilai tambahnya,” imbuhnya.

Didik menegaskan hilirisasi nikel perlu peran swasta serta usaha menengah dan kecil untuk mengelolanya, namun dia meminta agar Indonesia tidak memberikan seluruh SDA-nya ke Asing.

Meski nilai investasi China ke Indonesia cukup besar, namun menurutnya, dana investasi tersebut masuk ke dalam penambahan utang Indonesia terhadap China.

“Itu kan sudah berjalan sejak lama sebelum kunjungan presiden sudah mengalir investasi Cina,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA