Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator PKS Tolak Rencana Ahok Bangun Resort di IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 13 Juli 2023, 20:39 WIB
Legislator PKS Tolak Rencana Ahok Bangun Resort di IKN
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto/Ist
rmol news logo Rencana Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang ingin membangun resort dan pusat riset di Ibukota Nusantara (IKN) mendapat penolakan dari anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto.

“Ahok sebaiknya jangan politisasi Pertamina dalam proyek IKN, fokus pada bidang usahanya di sektor migas, ketimbang cawe-cawe pada pekerjaan lain, yang jauh dari kompetensinya,” kata Mulyanto lewat keterangan resminya, Kamis (13/7).

Legislator Fraksi PKS DPR RI ini menilai keuntungan perusahaan yang masih terbatas itu, sebaiknya diarahkan langsung pada proyek-proyek strategis migas yang masih membelit.

Misalnya soal audit komprehensif kilang-kilang yang sudah tua, dan dekat dengan pemukiman warga. Sehingga tidak terulang kasus kebakaran kilang seperti di Plumpang, Dumai, serta daerah-daerah lainnya.

"Yang tidak kalah strategisnya, Pertamina melakukan hilirisasi migas untuk mengembangkan produk-produk petrokimia di era senjakala industri migas sekarang ini," jelasnya.

"Hilirisasi produk migas ini sangat penting dan strategis di tengah ketergantungan Indonesia kepada pihak luar untuk bahan baku industri baik untuk obat, tekstil, sepatu, dan lainnya," tutup Mulyanto.

Dalam kunjungannya ke IKN, Ahok menyatakan Pertamina berencana membangun kawasan resort hingga pusat penelitian dan pengembangan  di kawasan Ibukota Nusantara (IKN) tersebut.

Kawasan resort yang akan dibangun PT Pertamina tersebut akan terdiri dari 1.000 kamar, lapangan golf 36 holes, rumah sakit, universitas bertema vokasi, juga pusat penelitian dan pengembangan di IKN, Kalimantan Timur. Pertamina menargetkan sebelum Agustus 2024 akan ada investasi yang terwujud. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA