Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Tiga Moda Transportasi, Erick Thohir Berangkatkan 78 Ribu Peserta Mudik Gratis BUMN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 18 April 2023, 20:52 WIB
rmol news logo Tiga moda transportasi disiapkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengangkut pemudik yang akan pulang ke kampung halaman, menjelang hari raya Idufitri 1444 Hijriah.

Pelepasan pemudik itu dilakukan langsung Menteri BUMN Erick Thohir, untuk pemudik dengan moda transportasi bus di area Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (18/4).

Disampaikan Erick yang baru saja pulang dari Jerman dalam lawatannya ke Hannover Messe 2023, program mudik gratis BUMN merupakan wujud hadirnya pemerintah untuk melayani masyarakat.

"Poinnya hari ini pemerintah hadir lagi saat masyarakat mudik. Pemerintah mendorong kementerian dan BUMN agar ada mudik gratis. Artinya pemerintah kembali hadir," ujar Erick.

Melalui program mudik gratis bersama BUMN 2023 bertajuk "Mudik Dinanti, Mudik di Hati", total peserta sebanyak 78.017 orang. Terdiri atas 57.587 orang via transportasi bus, 16.590 orang via kereta api, dan 3.840 orang menggunakan moda kapal laut.

Pada kesempatan itu, Erick menyampaikan cerita perjalanannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo. Di mana, dia mendapati laju inflasi yang telah membuat sejumlah harga di Eropa mengalami kenaikan.

Harga listrik disebutnya naik hingga tiga kali lipat, sampai secangkir kopi yang naik menjadi 3,5 euro dari sebelumnya yang sebesar 2 euro.

"Berbeda dengan Indonesia, negara selalu hadir. Presiden concern dengan isu-isu yang terjadi di masyarakat, baik saat covid-19 di mana vaksin, obat, itu gratis," katanya.

Lanjutnya, pemerintah pusat dan daerah saat ini juga mendorong menekan inflasi. Salah satunya dengan anggaran 2 persen dana tidak terduga diperbolehkan digunakan subsidi transportasi untuk bahan pokok.

"Saya menekankan fungsi BUMN tentu sebagai korporasi harus sehat sehingga bisa memberikan kontribusi kepada negara, kalau enggak sehat enggak akan punya program pro rakyat. Salah satunya di mudik gratis bersama BUMN," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA