Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibu Kota Pindah Tahun Depan, Jakarta Siap Jadi Kota Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 10 April 2023, 19:29 WIB
Ibu Kota Pindah Tahun Depan, Jakarta Siap Jadi Kota Global
Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat membuka acara Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta/Ist
rmol news logo Jakarta bakal melepas status ibu kota negara pada tahun 2024. Selanjutnya, ibu kota Indonesia akan beralih ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan, Jakarta akan terus berupaya melakukan transformasi menuju kota global seiring pemindahan Ibu Kota Negara ke Nusantara.

Hal itu disampaikan Heru saat membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta, pada Senin (10/4).

"Pada 2024 ada beberapa perhatian, optimis terhadap ekonomi ke depan, dan disiapkan konsep-konsep untuk mengatasi, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dengan kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha,” ujarnya.

Untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota global, ada beberapa indeks yang harus diperhatikan, seperti penurunan angka kemiskinan ekstrem, stunting, peningkatan transportasi massa, dan pengurangan kemacetan.  

"Keseriusan transformasi Jakarta menjadi kota global merupakan bentuk komitmen keterlibatan Jakarta untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, peningkatan inovasi dan terobosan terus kita upayakan,” tambahnya.

Kegiatan Musrenbang ini dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro, Pangdam Jaya Mayjen Mohamad Hasan, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA