Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Kebijakan Gas dan Rem, Pandemi Berhasil Ditangani Berkat Kepedulian Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 01 September 2022, 08:44 WIB
Selain Kebijakan Gas dan Rem, Pandemi Berhasil Ditangani Berkat Kepedulian Masyarakat
Ilustrasi Covid-19/Net
rmol news logo Kebijakan gas dan rem yang ditempuh pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 dilakukan semata-mata untuk menyeimbangkan antara penanganan pandemi dan menjaga perekonomian.

"Saat Covid-19 masih awal-awal, sudah sewajarnya melakukan kebijakan yang mengerem atau mengegas. Ini wajar untuk memitigasi dan meminimalisir dampaknya ke perekonomian," kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Ahmad Heri Firdaus dalam keterangannya, Kamis (1/9).

Soal keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, Indef tak bisa memungkiri adanya peran penting masyarakat. Ia melihat peran serta masyarakat berupa kesadaran menghadapi dan menyikapi pandemi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

"Kalau mau diklaim, memang dari program yang dijalankan pemerintah. Tapi jangan lupa bahwa ini juga dipengaruhi oleh tingkat kepedulian masyarakat yang sudah semakin aware," sambungnya.

Oleh karenanya, Heri menegaskan keberhasilan Indonesia dalam menghadapi pandemi serta menjaga perekonomian tidak ambruk adalah buah dari kerja sama semua pihak.

“Intinya ini kalau diklaim oleh satu pihak, menurut saya ini lebih fair oleh semua pihak, masyarakat, pemerintah, dan semua,” demikian Cecep. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA