Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Ingin Tergesa-gesa, Jokowi Estimasi Waktu Transisi Endemi 6 Bulan Setelah Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 25 April 2022, 19:41 WIB
Tidak Ingin Tergesa-gesa, Jokowi Estimasi Waktu Transisi Endemi 6 Bulan Setelah Lebaran
Presiden Joko Widodo (kanan)/RMOLJakarta
rmol news logo Momentum pasca lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah akan menjadi patokan pemerintah untuk melakukan transisi pandemi Covid-19 kepada endemi.

Presiden Joko Widodo menjelaskan, pada lebaran tahun ini pemerintah sudah membolehkan masyarakat untuk melaksanakan mudik, karena melihat kasus Covid-19 harian sudah melandai.

"Dan kasus aktifnya kan sudah di bawah 20 ribu, memang rendah. Tetapi masih ada masa transisi yang kita masih harus hati-hati," ujar Jokowi dalam jumpa pers usai meninjau Sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4).

Menurut Jokowi, Pemerintah Indonesia masih harus berhati-hati dalam menentukan kebijakan mengenai Covid-19. Jokowi memilih tak seperti negara-negara lain yang terlalu cepat menetapkan kebijakan pelonggaran protokol kesehatan kepada warganya.

"Saya tidak mau seperti negara-negara lain langsung buka masker. Tidak. Ini masih ada transisi, kira-kira 6 bulan, kita lihat seperti apa," katanya.

Setelah masa transisi 6 bulan setelah lebaran nanti, Jokowi memastikan pemerintah baru akan mengeluarkan satu kebijakan yang memperbolehkan masyarakat untuk lebih longgar menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruang masih tetap harus pakai masker. Ada tahapan-tahapan. Dan kita tidak perlu tergesa-gesa," imbuhnya menegaskan.

"Karena apapun kita punya pengalaman. Saat (varian) Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa. Sehingga kehati-hatian, kewaspadaan tetap harus," demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA