Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ekonomi Pulih, Menko Perekonomian: Indonesia Butuh Generasi Kompetitif dan Berjiwa Entrepreneur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 23 November 2021, 04:31 WIB
Ekonomi Pulih, Menko Perekonomian: Indonesia Butuh Generasi Kompetitif dan Berjiwa Entrepreneur
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Perekonomian Indonesia yang mulai membaik saat ini membutuhkan dukungan generasi muda dengan kemampuan adaptasi yang tinggi, kompetitif, berjiwa entrepreneur serta menguasai ilmu-ilmu kekinian terutama di bidang digitalisasi.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat menyapa civitas akademika Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melalui ruang zoom pada Senin (22/11).

"Saat ini terbuka 2,5 juta lapangan kerja tambahan sehingga dibutuhkan 600 ribu talenta per tahun selama 15 tahun ke depan," ujar Airlangga seperti dilansir laman Kemenko Perekonomian.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mencatat, perekonomian Indonesia mulai membaik dan tumbuh di level 3,51 persen saat ini.

Momentum pulihnya ekonomi ini, menurutnya perlu dijaga dan ditingkatkan bersama. Harapannya, Indonesia tidak hanya mampu keluar dari Covid-19 tetapi juga keluar dari middle income trap.  

Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan, peran penting menuju perubahan tersebut terletak di tangan perguruan tinggi sebagai pencetak generasi muda berkarakter dan berdaya saing.

Bagi Airlangga, pandemi membawa perubahan perilaku manusia menjadi serba digital, sehingga teknologi dapat dimanfaatkan untuk menunjang hubungan interaksi antar manusia.

Dengan begitu, peluang ekonomi dengan cara mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis diharap dapat mempercepat pemulihan ekonomi. Karena dia melihat peluang ini terbuka lebar bagi semua negara, dan kuncinya adalah pengembangan sumber daya manusia.

"Disinilah UKSW sebagai wadah akademis dapat mempersiapkan sumberdaya manusianya," tandas Airlangga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA