Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kopassus-Brimob di Timika Papua Bentrok, Begini Sikap Panglima TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 29 November 2021, 16:51 WIB
Kopassus-Brimob di Timika Papua Bentrok, Begini Sikap Panglima TNI
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa/Net
rmol news logo Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merespons cepat insiden bentrokan yang melibatkan oknum Brimob dengan prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI di Timika Papua.

Andika mengatakan bahwa TNI telah berkoordinasi dengan Polri untuk memproses hukum seluruh aparat kepolisian yang terlibat bentrokan.  

Selain oknum polisi, Andika menegaskan bahwa pihaknya juga tengah memproses hukum oknum anggota yang terlibat. Kata Andika, Pusat Polisi Militer bersama Pusat militer TNI AD langsung memproses pada para oknum itu.

"Semua oknum anggota TNI yang terlibat dalam dugaan tindak pidana di Timika," demikian penegasan Andika, Senin (29/11).

Sementara itu di dikonfirmasi terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan, saat bicara soliditas dan sinergitas TNI/Polri adalah kekuatan strategis bangsa Indonesia.

Terkait insiden keributan, Rusdi memastikan bahwa masalah tersebut sudah diselesaikan oleh pimpinan masing-masing yang bertugas di Papua.

"Yang di Tembagapura, itu hanya permasalahan kecil saja, tapi yang jelas pimpinan-pimpinan di sana telah menyelesaikan itu  semua," demikian penjelasan Rusdi ke wartawan, Senin (29/11).

Terkait pemicu keributan karena masalah penjualan rokok yang dilakukan oknum Brimob yang tergabung di Satgas Amole, Rusdi tidak memberi keterangan detail.

Ia hanya memastikan bahwa, keributan itu dipicu oleh masalah komunikasi.

"Tidak ada yang dilanggar, ini hanya masalah komunikasi saja, yaitu masalah kecil yang telah selesai itu semua, masalah seperti itu," demikian kata Rusdi.

Keributan antar prajurat TNI dan Polri itu terjadi di lokasi idge Camp Pos RCTU Mile 72, di Mess Hall Timika, Papua, Sabtu malam (27/11).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA