Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Duta Damai Dunia Maya BNPT Diakui Dunia Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 25 April 2018, 15:12 WIB
Duta Damai Dunia Maya BNPT Diakui Dunia Internasional
Suhardi Alius dan Duta Damai Dunia Maya/Humas BNPT
rmol news logo Duta damai dunia maya adalah salah satu program pencegahan lunak (soft approach) yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam penanggulangan terorisme.

Program duta damai dunia maya ini terbukti efektif dalam menangkal paham radikal terorisme di dunia maya. Bahkan keberhasilan program duta damai dunia maya ini telah mendapat pengakuan dunia internasional.

"Saat menghadiri pertemuan Arab Amerika yang dihadiri 50 negara di Arab Saudi dan di depan Presiden AS Donald Trump, saya paparkan program soft approach ini termasuk duta damai dunia maya. Dari situ saya diundang ke Gedung Putih untuk menjelaskan lebih detail," kata Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, saat menutup Pelatihan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Banten di Tangerang, Rabu (25/4).

Tidak hanya itu, ia juga diundang ke berbagai negara termasuk dalam waktu dekat ini di Yordania untuk mempresentasikan program soft approach tersebut. Ia juga pernah diundang berbicara tentang penanganan kelompok teroris Boko Haram di Nigeria.

"Meski lembaga BNPT masih terbilang kecil, tapi kami telah berhasil menjangkau dunia. Bahkan dunia mengakui keberhasilan Indonesia dalam penanganan terorisme dengan soft approach ini. Makanya duta damai dunia maya ini akan terus saya bawa ke forum internasional karena inovasinya luar biasa," imbuh Suhardi Alius.

Suhardi menjelaskan, sejak 2016 sampai 2017, BNPT telah menggelar pelatihan duta damai dunia maya di 10 provinsi yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, tahun ini pelatihan dilaksanakan di tiga provinsi. Banten mengawali, diikuti Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Suhardi Alius berharap dengan dikumpulkannya duta damai dunia maya ini, mereka bisa menyebarkan konten positif dan damai untuk membangun nasionalisme generasi muda.

"Duta damai dunia maya sebagai modal bagi BNPT untuk menjaga dunia maya dan dunia nyata dari radikalisme," tukas Suhardi.

Dari pelatihan duta damai dunia maya Provinsi Banten dihasilkan lima website yang akan tergabung bersama Pusat Media Damai (PMD) BNPT. Kelima website itu adalah www.culasatu.dutadamai.id, www.surosowan.dutadamai.id, www.ruangriung.dutadamai.id, www.benteng.dutadamai.id, www.jawara.dutadamai.id. Nama-nama website merupakan nama-nama dari kearifan lokal khas Banten.

Pengukuhan duta damai dunia maya Provinsi Banten ini dihadiri beberapa utusan dari negara sahabat seperti dari Kedubes Amerika Serikat, Spanyol, Maroko, Filipina, dan Belgia. Juga hadir perwakilan Forkompinda Provinsi Banteng, Wakil Walikota Tangerang. Dari pejabat BNPT hadir Deputi Kerjasama Internasional Irjen Pol. Hamidin, Sestama BNPT Marsma sep Adang Supriyadi, serta Kepala Biro Umum Brigjen TNI Dadang Hendrayudha.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA