Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

6.500 Warga Nobar Film PKI Di Markas Kodam Tanjungpura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 23 September 2017, 02:42 WIB
6.500 Warga Nobar Film PKI Di Markas Kodam Tanjungpura
Nobar di Makodam Tanjungpura/Net
rmol news logo Antusiasme warga saat tinggi saat Kodam XII/ Tanjungpura menggelar kembali acara nonton bareng (nobar) film G30S/PKI di Makodam XII/ Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (22/9) malam.

Sedikitnya, acara nobar ini dihadiri oleh 6.500 penonton yang berasal dari kalangan masyarakat, ditambah dengan penonton dari kalangan anggota TNI sebanyak 102 dan 92 jumlah keluarga TNI.

Hal itu sebagaimana dikatakan Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/ Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi.

"Sesuai dengan jadwal penayangan film G30S/PKI yang ditayangkan setiap malam libur, dan malam ini adalah malam kedua, tapi pemutaran di malam kedua justru jumlah penonton lebih banyak dari malam pertama. Inilah bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat, bangsa yang dihuni oleh rakyat yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi," ucapnya.

Tri Rana berharap penayangan film G30S/PKI bisa membuat masyarakat tahu sejarah kelam bangsa Indonesia atas pemberontakan yang dilakukan oleh PKI. PKI mengambil alih kekuasaan dengan mengubah ideologi bangsa menjadi ideologi komunis.

"Jadi pemutaran film ini jangan dinilai dari sisi negatif, tapi nilai lah ke arah positif karena bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang melupakan sejarah bangsa yang pernah terjadi," pungkasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA