Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tugas Kepala BNPT Makin Tidak Mudah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Selasa, 07 Februari 2017, 23:20 WIB
Tugas Kepala BNPT Makin Tidak Mudah
Suhardi Alius
rmol news logo Sebagai lembaga negara yang terbilang baru, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berusaha keras menunjukkan kinerja dan program unggulan terkait penanggulangan dan pencegahan paham radikal terorisme.

Hal tersebut dikatakan Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius, usai mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB), Asman Abnur, untuk memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat eselon I, II, III dan IV BNPT dalam acara Reformasi Birokrasi Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Kinerja BNPT, di kantor perwakilan BNPT, Jakarta, Selasa (7/2).

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen dari BNPT dalam mendukung program nasional pemerintah sekaligus sebagai kepentingan lembaga ini dalam melakukan pembenahan dan penguatan birokrasi khususnya dalam hal penanggulangan terorisme,” ujar Komjen Suhardi Alius.

 BNPT menyadari betapa penting pembenahan birokrasi sehingga tugas pokok lembaga pemerintahan dalam pelayanan publik dapat berjalan dengan baik. Alumni Akpol tahun 1985 yang pernah menjabat Kepala Kabareskrim Polri itu mengatakan, seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) di lingkungan BNPT sudah melakukan deklarasi reformasi birokrasi. Karena itu ia sengaja mengundang Men-PAN RB untuk memberikan motivasi serta menyampaikan sejauh mana BNPT telah melangkah.
 
Mantan Kapolda Jawa Barat ini juga menyampaikan bahwa BNPT juga akan memberikan tempat kepada personil dari Kementerian atau Lembaga (K/L) yang punya korelasi tugas bersama BNPT sesuai dengan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru.

"BNPT ini seperti miniatur dari beberapa Kementerian dan Lambaga lain. Tidak hanya dari TNI, Polisi atau Kejaksaan, tapi ada juga dari Kementerian lain seperti Kementerian Luar Negeri, Sosial, Agama, Hukum dan HAM, Lapas, Imigrasi dan lainnya yang berkorelasi tugas BNPT," katanya.

Men-PAN RB, Asman Abnur, mengakui bahwa tugas BNPT di waktu mendatang tidak akan mudah. Apalagi BNPT telah menggandeng sebanyak 27 kementerian dan lembaga untuk bersinergi dalam penanggulangan terorisme.

"Kepala BNPT menjadi koordinator dari 27 institusi kementerian dan lembaga. Itu merupakan pekerjaan yang sangat besar sekali. Maka dari itu saya mengusulkan untuk merencanakan hal-hal besar sekalian. Mulai dari sistem penanggulangan terorisme, pencegahannya, sampai pada tingkat pembinaannya baik kepada mantan teroris dan keluarganya," ujar Asman Abnur. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA