Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KSAU Kirim Tim Investigasi Ke Wamena

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 18 Desember 2016, 13:21 WIB
KSAU Kirim Tim Investigasi Ke Wamena
Foto/Net
RMOL. Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja menegaskan pesawat Hercules C-130 HS yang jatuh di Wamena, Papua dalam kondisi masih layak terbang.

Menurut Wakasau, secara kelayakan, pewawat buatan Amerika Serikat ini masih layak punya sisa jam terbang untuk pemeliharaan berikutnya, dengan sisa jam terbang kurang lebih 69 jam terbang.

Pesawat dengan nomor pesawat A-1334 tersebut, lanjut Wakasau, terbang dari Timika Papua menuju Wawena dalam rangka misi latihan untuk peningkatan kemampuan penerbang. Dugaan awal, jatuhnya pesawat lantaran kondisi cuaca yang buruk sehingga menimbulkan pewawat hilang kontak.

"Perkiraan awal kecelakaan terjadi karena faktor cuaca, ada kabut di landasan," ujar Marsda Hadiyan dalam jumpa pers di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (18/12).

Lebih lanjut, Marsda Hadiyan, menambahkan, pihaknya akan tetap melakukan investigasi untuk menyelidiki kepastian penyebab jatuhnya pesawat.

"Kita sudah mengirimkan tim investigasi. Sekarang sudah berada di lokasi Panglima Komando Operasi AU II, Marsekal Muda Umar Sugeng. Investigasi akan memakan waktu, tidak akan cepat." Ujar Marsda Hadiyan.

"Jangan dijadikan patokan karena (cuaca) dalam kecelakaan pesawat ada lima faktor yang harus diinvestigasi dan dianalisa, yakni manusia, material, media, misi, manajemen," sambungnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA