Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Produsen Alat Peledak Asal Majelangka Dibekuk Densus 88

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 25 November 2016, 16:57 WIB
rmol news logo Majalengka tak hanya penghasil pelawak berbakat seperti Sule atau pedangdut Elvi Sukaesih.

Kota penghasil Kecak di Provinsi Jawa Barat itu juga memiliki industri bahan peledak yang kerap digunakan teroris lokal.

Temuan tersebut terungkap setelah tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, membekuk teroris, RPW (24), di kediamannya di kawasan Blok Situsari RT 03 RW 05 Desa Girimulya, Banjaran, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (23/11) lalu.

RPW diketahui memiliki laboratorium yang memproduksi bahan peledak.

"RPW ini coba buat ramuan bahan kimia menghasilkan struktur yang bisa menghasilkan bom," ujar Karo Penmas Div Humas Polri, Komisaris Besar Rikwanto, dalam keterangan persnya di Mabes Polri Jakarta, Jumat (25/11).

RPW meracik bahan peledak berdasarkan pesanan dari beberapa daerah di Indonesia.

Dari rumah mantan tenaga sukarelawan di Badan Penyuluh Pertanian Pemkab Majalengka itu, tim Densus mengamankan sejumlah barang bukti berupa bahan baku pembuatan bahan pedak.

Mulai dari beberapa zat kimia seperti asam nitrat, asam sulfat, air raksa, pupuk urea, alat pencampur, kristal berwarna cokelat, kabel kecil, dan dua unit laptop.

"Termasuk juga, sebuah bendera hitam berlambang jihad, senapan, pedang sepanjang hampir satu meter, sejumlah bahan peledak, buku-buku jihad, serta sejumlah barang lainnya sebanyak dua karung dan beberapa dus," ungkap Rikwanto.

Dalam memproduksi bahan peledak tersebut, RPW dibantu oleh beberapa rekannya yang saat ini masih dalam pengejaran Densus Anti Teror 88 Polri. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA