Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Polhukam: Keterlibatan Operator Telekomunikasi Penting Untuk Jaga Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 30 Agustus 2016, 00:24 WIB
Menko Polhukam: Keterlibatan Operator Telekomunikasi Penting Untuk Jaga Perbatasan
Net
rmol news logo Indonesia mempunyai wilayah yang berbatasan langsung negara tetangga seperti Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, Singapura, Vietnam, Filipina, maupun Australia. Oleh karena itu, menjadi sangat penting mengelola wilayah perbatasan dalam rangka penegakan kedaulatan negara mengingat wilayah tersebut tentunya sangat rentan terjadinya konflik.

Dalam rapat koordinasi nasional Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbang Dutas) yang digelar di Alor, Nusa Tenggara Timur, Menko Polhukam Wiranto menyampaikan bahwa pengelolaan telekomunikasi di wilayah perbatasan sangat penting.

"Kita tahu bahwa ada satu instrumen yang tidak mempunyai batas yakni telekomunikasi. Dengan memakai teknologi maju, telekomunikasi mampu menebus batas negara," kata Wiranto saat konferensi pers, Senin (29/8).

Oleh karena itu, Wiranto berharap jangan sampai karena keterlambatan pemerintah dalam mengelola telekomunikasi di wilayah perbatasan. Justru masyarakat atau aparat yang menjaga wilayah perbatasan menggunakan fasilitas telekomunikasi negara lain.

"Itu bahaya. Keterlibatan operator telekomunikasi wajib kalau bicara nasionalisme. Kebetulan Telkomsel keinginannya sangat kuat untuk membangun di perbatasan sehingga keterlibatannya besar. Tidak hanya Telkomsel, semua telekoomunikasi harus terlibat didalamnya karena tugas kita bersama," tegasnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA