Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PEMBEBASAN SANDERA ABU SAYYAF

Perusahaan Tidak Keluar Duit Tebusan Untuk 10 Awak Kapal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 02 Mei 2016, 16:28 WIB
rmol news logo PT Brahma International berterima kasih kepada pemerintah RI atas upaya diplomasi pembebasan awak kapal tongkang Anand 12 dan tunda Brahma 12

"Saya mewakili PT Brahma bersama-sama dengan mitra kami PT Patria Maritime Lines, mengucapkan terima kasih pada pemerintah Indonesia, dalam hal ini presiden dan jajaran menteri kabinet kerja, menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, menteri luar negeri, serta pihak lain yang membantu pembebasan sandera awak kapal. Dan juga Kedubes kita di Filipina dan pemerintah Filipina," ucap Yan Arief dari bagian hukum dan relasi PT Brahma Internationaldalam jumpa pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (2/5).

Arief menegaskan, perusahaannya tidak mengeluarkan duit tebusan sepersen pun untuk membebaskan 10 anak buah kapal yang telah disandera kelompok milisi Abu Sayaff selama 35 hari.

Pihaknya juga tidak mengetahui adanya uang tebusan dari pemerintah. Sebab informasi yang diterima dari pemerintah, pembebasan itu berkat diplomasi di semua tingkat dengan melibatkan jaringan formal dan informal.

"Pembebasan itu terkait bantuan dari pemerintah di bawah tim negosiator. Namun apakah mereka menggunakan tebusan atau tidak saya tidak tahu. Semuanya kami serahkan pada tim negosiator dan tidak ada penyerahan uang dari PT Brahma International ke para penyandera," tegasnya.

Diketahui PT. Brahma merupakan pemilik kapal tongkang Anand 12 dan kapal tunda Brahma 12 yang ke-10 WNI pelautnya disandera kelompok Abu Sayaff, di Filipina selatan.

Kelompok milisi tersebut meminta uang tebusan sebesar Rp 14 miliar sebagai kompensasi pembebasan awak kapal. Saat dibajak pada 26 Maret itu, kapal Brahma 12 tengah menarik kapal tongkang Anand 12 yang mengangkut lebih dari 7 ribu metrik ton batu bara milik PT Antang Gunung Meratus.

Melalui perundingan yang alot, pemerintah berhasil membebaskan sandera dari kelompok milisi Abu Sayaff. Ke-10 anak buah kapal tersebut kembali ke tanah air pada Minggu malam (1/5).[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA