Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggota DPR Serukan Investigasi Dan Audit Pesawat TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 11 Februari 2016, 15:02 WIB
Anggota DPR Serukan Investigasi Dan Audit Pesawat TNI
super tucano/net
rmol news logo Kecelakaan pesawat latih tempur Super Tucano yang menewaskan empat orang (2 awak pesawat dan 2 sipil) di Malang mesti disikapi dengan investigasi atau audit mendalam.

"Sebelumnya, saya mengungkapkan rasa duka cita yang mendalam atas jatuhnya pesawat di Malang ini," ucap Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, kepada wartawan, Kamis (11/2).

"Saya mendorong agar segera dilakukan investigasi untuk mengetahui secara pasti penyebab dari jatuhnya pesawat tempur buatan Brasil ini," tambahnya.

Selain menginvestigasi apakah jatuhnya pesawat disebabkan faktor pesawat atau kesalahan manusia, yang tak kalah penting adalah mendorong evaluasi kualitas teknologi dan produknya. Sehingga pembelian alat tempur dengan teknologi tinggi harus bisa diandalkan.

Meski Super Tucano masih tergolong pesawat baru, Sukamta menyorot seringnya pesawat TNI bermasalah. Sebut saja tragedi Hercules jatuh di Medan, F16 terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, dan pesawat T-50 Golden Eagle jatuh saat atraksi Gebyar Dirgantara di Yogyakarta.

"Saya harapkan segera dilakukan audit terhadap pesawat-pesawat yang dimiliki TNI AU agar jangan sampai ada insiden serupa terjadi lagi di masa datang. Di samping itu juga harus ada peningkatan kapasitas pilot sehingga mampu melakukan mitigasi agar siap jika terjadi potensi kecelakaan udara dan mampu menghindari timbulnya korban," tuturnya.

Ia mendorong TNI AU terus memberikan perkembangan informasi yang pasti dan jelas kepada publik, serta dukungan bantuan moral, spiritual dan santunan kepada para korban maupun keluarga yang ditinggalkan.

Ia juga menyampaikan, jangan sampai insiden jatuhnya pesawat buatan Brazil ini menjatuhkan harga diri Indonesia. Sebelumnya hubungan Indonesia-Brazil sempat memanas akibat kebijakan pemerintah yang mengeksekusi mati warga negara Brazil karena terlibat peredaran narkoba. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA