Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Cara yang Harus Dilakukan Jokowi Menjadikan Indonesia Poros Maritim Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 10 September 2014, 23:58 WIB
Ini Cara yang Harus Dilakukan Jokowi  Menjadikan Indonesia Poros Maritim Dunia
rmol news logo . Ada sejumlah pekerjaan yang perlu dijalankan Jokowi agar visi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia bisa terwujud.

Pengamat pertahanan nasional Indonesia Edy Prasetyono mengatakan Indonesia sebagai poros maritim dunia berarti menjadikan Indonesia sebagai referensi maritim, mulai dari ilmu pengetahuan, budaya, hukum, pengetahuan, dan bahkan teknologi.

"Ini berarti pemerintah harus mampu menjadikan Indonesia sebagai pusat interaksi maritim karena peran pentingnya," ujar dia ketika menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) di Batam, Kepulauan Riau (Rabu, 10/9).

Edy menyebut, pemerintah Jokowi juga harus menentukan karakter interaksi maritim yang diikuti oleh pengembangan berbagai kekuatan, baik berupa armada perang, armada niaga, armada logiatik, maupun armada industri. Hal itu, tekannya, harus dibarengi dengan alokasi anggaran yang memadai.

"Tidak ada satupun negara yang mau punya kejuatan militer yang anggarannya di bawah dua persen dari GDP selain Jepang, karena Jepang terikat dengan konstitusinya," tandas Ketua Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia itu.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA