Acara peresmian ini dihadiri langsung oleh President Director BMW Group Indonesia, Peter “Sunny” Medalla, dan Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, serta jajaran manajemen BMW Group Indonesia. Sedangkan dari BMW Astra hadir Chief Executive BMW Astra, Sanfrantis Tanu; Operation Manager BMW Astra, Teguh Widodo; Operation Manager BMW Astra Used Car, Christian Yonata; serta manajemen BMW Astra.
“Sungguh menyenangkan bisa kembali ke Surabaya, energi dan perkembangan kota ini sangat luar biasa," ucap Peter “Sunny” Medalla, dalam keterangannya, Jumat 9 Mei 2025.
"Retail.Next adalah simbol dari perubahan besar dalam cara BMW menjalin hubungan dengan pelanggan. Konsep ini melampaui showroom tradisional. Retail.Next menawarkan ruang terbuka yang ramah, perjalanan digital yang terintegrasi, dan layanan yang dipersonalisasi di setiap titik sentuh. Di seluruh market BMW, Retail.Next telah mendefinisikan ulang arti retail premium, bukan hanya tentang transaksi, tetapi tentang hubungan emosional; bukan hanya showroom, tetapi destinasi yang penuh makna," tuturnya.
Lebih lanjut Sunny membagikan pencapaian BMW Indonesia pada kuartal pertama 2025 ini. Di mana BMW Indonesia sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah di Indonesia kembali meraih sukses, dengan total penjualan mencapai 835 unit, meningkat 7,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sekaligus meraih rekor 57,2 persen market share di segmen premium.
BMW juga mempertahankan dominasinya di segmen kendaraan listrik premium dengan menguasai 64 persen market share. Artinya, dua dari tiga pembeli kendaraan listrik premium di Indonesia memilih BMW.
Sementara itu, Chief Executive BMW Astra, Sanfrantis Tanu, dalam sambutannya menyampaikan, “BMW Astra Surabaya merupakan diler pertama dan terbesar BMW di Jawa Timur. Tidak hanya kota Surabaya, BMW Astra Surabaya juga melayani seluruh area Jawa Timur. Untuk itu, kehadiran Retail.Next menjadi saksi dan bukti nyata dari komitmen Astra dan BMW Indonesia dalam memberikan pengalaman terbaik untuk para pelanggan dan penggemar BMW di Indonesia.”
“BMW Astra Surabaya Retail.Next ini merupakan diler berkonsep Retail.Next kedua dari BMW Astra setelah BMW Astra Cilandak, dan segera menyusul diler BMW Astra lainnya juga akan hadir dengan konsep ini dengan tetap mengusung infrastruktur yang mengedepankan sustainability dan elektrifikasi. Sejalan dengan aspirasi keberlanjutan Astra yang tertuang pada Astra 2030 Sustainability Aspirations, BMW Astra Surabaya menampilkan showroom ramah lingkungan yang dapat mengurangi hingga 78 persen radiasi matahari, memaksimalkan cahaya masuk dan menghemat 29 persen penggunaan energi pendingin ruangan," tambahnya.
Adapun fasilitas ini berdiri di atas lahan seluas 2.434 m2 dengan luas bangunan 4.100 m2. BMW Astra Surabaya memiliki berbagai fasilitas layanan penjualan dan purna jual berstandar tinggi khas BMW seperti showroom dengan kapasitas lima unit display, 10 stall bengkel, BMW M corner, multifunctional handover dan counter, used car, serta charging station.
Dengan konsep terbaru BMW dan transfer ilmu serta berbagai pelatihan dari BMW AG, berikut beberapa touch point pembelian yang ditingkatkan secara signifikan dengan hadirnya konsep BMW Retail.Next:.
Pertama, VIP Experience. Pelanggan akan mendapatkan pelayanan VIP yang membuat kunjungan berkesan dan nyaman.
Kedua, Pengalaman Digital In-Store. Pembuatan janji secara online, ketersediaan layar digital dalam jumlah banyak dengan konten yang diintegrasikan dengan kehadiran BMW Genius dan BMW Business Consultant di tempat membuat pengalaman digital menjadi menyeluruh bagi seluruh pelanggan.
Ketiga, EVE:
Emotional Virtual Experience. Yaitu sebuah perangkat lunak untuk memvisualisasikan kendaraan BMW sehingga kendaraan dapat ditampilkan kepada pelanggan dengan kualitas yang hampir seperti foto-realistis dalam proses konsultasi dan penjualan.
Keempat, Test Drive: Momen Legendaris. Mencoba kendaraan impian secara langsung kini dibuat seamless dan sangat nyaman sehingga pelanggan dapat bertanya apa saja kepada BMW Genius ataupun BMW Business Consultant.
Kelima, Tailor Made Delivery dan Handover Kendaraan: Konsep Retail.Next memungkinkan diler BMW untuk menawarkan serah terima kendaraan yang fleksibel dan dapat disesuaikan pada waktu dan tempat yang mereka inginkan – membentuk pengalaman serah terima yang bersifat individual dan berkesan.
Keenam, Tetap Terkoneksi setelah Serah Terima Kendaraan. Setiap pelanggan juga dimudahkan untuk melakukan follow-up dengan BMW Business Consultant secara lebih mudah dan nyaman.
Ketujuh, Aspek Keberlanjutan (Sustainability). Pemilihan material bangunan BMW Astra Surabaya mengurangi 78 persen radiasi matahari namun tetap dapat memaksimalkan cahaya yang masuk sehingga menghemat 29 persen penggunaan energi pendingin ruangan. BMW Astra Surabaya juga menggunakan daya listrik dari energi terbarukan dengan listrik bersumber dari geothermal (PLTA Cirata).
BERITA TERKAIT: