Toyota NAV1 Pede Mampu Saingi Serena Dan Biante

Dirakit Dengan Komponen Lokal & Diklaim Irit Bahan Bakar

Senin, 17 Desember 2012, 08:23 WIB
Toyota NAV1 Pede Mampu Saingi Serena Dan Biante
ilustrasi, Toyota NAV1
rmol news logo .Toyota menambah produk barunya di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) High, Navigator One (NAV1). Mobil dengan teknologi navigator performance dan irit bahan bakar ini, akan diproduksi sebanyak 1.000 unit per bulan.

Mobil yang dikenal dengan Toyota Noah di Jepang ini, siap bersaing dengan Nissan Serena dan Mazda Biante di pasar mobil nasional. Mobil ini diyakini bisa mendongkrak penjualan Toyota tahun ini.   

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor TAM John­ny Dar­ma­wan menyebutkan, kehadiran NAV1 untuk me­me­nuhi kebutu­han masyarakat akan mobil MPV yang semakin meningkat.

“Toyota NAV1 ini untuk me­me­nuhi permintaan pasar di segmen MPV High, sekaligus mem­be­ri­kan pilihan yang be­ra­gam ke­pada konsumen,” kata Johnny dalam acara peluncuran Toyota NAV1 di Jakarta, Selasa (11/12).

Toyota Indonesia mendapat ke­hormatan menyematkan nama NAV1 sebagai penghargaan dari prinsipal Toyota Jepang atas pe­ngawasan Toyota Motor Ma­nu­facturing Indonesia (TMMIN) dengan status Completely Knock Down (CKD).

“Mobil ini dirakit dengan kom­ponen lokal hanya 5-6 per­sen. Jika ke depan ditambah menjadi 85 persen, NAV1 akan sama, se­perti Kijang Grand In­nova. Untuk kapasitas produksi, Toyo­ta akan menyediakan antara 400 sampai 500 unit per bulan. Bila per­min­taan semakin tinggi, ma­ka akan dinaikkan menjadi 1.000 unit per bulan,” jelas Johnny.

Chief Engineer Product Plan­ning Group Toyota Motor Corp. Hideki Mizuma me­nyatakan, NAV1 dirakit di Indonesia dengan menggunakan konten lokal. Komponen lokal itu mendukung kecepatan produksi yang tinggi. “Permintaan model ini diyakini akan tinggi,” tambah Mizuma.

Mobil dengan  kapasitas tujuh pe­numpang ini, mengadopsi mo­del captain seat. Kedua kursi ini dapat diputar hingga 180 de­rajat atau menghadap ke be­la­kang, se­hing­ga menciptakan ak­ses dan flek­sibilitas maksimum, dengan te­tap menye­diakan ru­ang yang nyaman.

Mobil ini bermesin 3ZR-FAE berkapasitas 2.000 cc dengan tek­no­logi Valvematic. Val­ve­ma­tic merupakan sistem yang mengatur waktu maupun ukuran buka katup masuk dan katup buang.

Keuntungan dari teknologi Valvematic adalah meng­ha­silkan performa mesin yang lebih baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien, dan menurunkan tingkat emisi gas buang.

“Hasil uji coba di Jepang, NAV1 memiliki konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga 13,6 kilometer per satu liter bensin,” kata Mizuma.

Untuk memenuhi permintaan pasar, Toyota NAV1 diper­ke­nal­kan dengan empat pilihan warna, yakni White Pearl CS, Silver Me­talic, Grey Metalic, dan Black, dengan harga Rp 378 juta untuk tipe G (level rendah) dan Rp 398 juta untuk tipe V (level tinggi). [Harian Rakyat Merdeka]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA