Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teman Tuli Aceh Pelajari Manual Brew Kopi di Talent Class Amanah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 01 Agustus 2024, 09:55 WIB
Teman Tuli Aceh Pelajari Manual Brew Kopi di Talent Class Amanah
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) fasilitasi penyandang disabilitas menguasai produk kopi khas Aceh/Ist
rmol news logo Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) fasilitasi penyandang disabilitas menguasai produk kopi khas Aceh. Materi itu turut disampaikan dalam pelatihan pramusaji bersama teman-teman tuli.

Talent class yang digelar Amanah bersama Balai Pelatihan Vokasi Produktivitas (BPVP) Banda Aceh itu sudah berlangsung sejak Senin (29/7). Sebanyak 20 peserta konsisten mengikuti kegiatan hingga rangkaian hari ketiga.

"Mulai dari awal, kegiatannya kita memperkenalkan kopi terutama kopi gayo,” kata instruktur Talent Class, Ken Munthe dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8).

Dikatakan Ken, peserta dinilai perlu mengetahui produk olahan kopi agar menjadi waiter-waitress yang lebih baik. Pengetahuan tersebut berguna untuk disampaikan kepada pengunjung cafe atau restoran tempat mereka bekerja nanti.

"Tadi, aku menjelaskan ke teman-teman tuli itu mulai dari proses penanaman, siapa petaninya, bagaimana kerja petaninya terus lanjut ke tahap pasca panen. Bagaimana proses pasca panennya dan lanjut ke cara penyajiannya," tuturnya.

Setelah diterangkan semua hal yang berkaitan dengan kopi, dia pun mengajarkan cara menyeduh kopi menggunakan teknik manual brew.

Menurutnya, para peserta langsung menguasai materi tersebut meskipun baru pertama kali mencobanya.

Bahkan, Ken tak menyangka ada peserta yang sudah bisa membuat seduhan kopi dengan hasil yang sangat baik. Oleh karena itu, mereka juga tidak hanya punya kemampuan menjadi pramusaji tapi juga berpotensi sebagai barista.

“(Kopi) hasil mereka seduh kalau menurut aku pribadi enak-enak, semuanya enak. Kalau (dinilai dari) 1-10, di angka 9,5 lah. Mereka punya potensi di dunia kerja barista, terutama di manual brew,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA