Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dailami Ingin RSUD Tipe B Segera Berdiri di Kepulauan Seribu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 19 Mei 2024, 14:34 WIB
Dailami Ingin RSUD Tipe B Segera Berdiri di Kepulauan Seribu
Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dailami Firdaus/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta didorong merealisasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Menurut Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dailami Firdaus, pembangunan RSUD Tipe B di Kepulauan Seribu menjadi kebutuhan masyarakat dan mewujudkan keadilan kemudahan akses di bidang kesehatan bagi semua warga Jakarta. Terlebih, saat ini di semua wilayah kita DKI Jakarta sudah memiliki Tipe B.

"Saat ini masih banyak warga di Kepulauan Seribu yang saat harus berobat atau perlu menjalani perawatan harus ke daratan seperti, RSUD Cengkareng, RSUD Koja, dan lainnya. Ini tentu sangat menyulitkan dan melelahkan bagi pasien dan keluarganya," kata Dailami, Minggu (19/5).

Senator dari Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta ini menjelaskan, dengan kondisi riil saat ini tentu sangat menyulitkan warga di Kepulauan Seribu yang memerlukan layanan kesehatan paripurna yang efektif dan efisien.

"DKI Jakarta punya APBD yang besar, saya yakin bukan hal sulit untuk membangun RSUD Tipe B di Kepulauan Seribu," kata Dailami.

Pulau Panjang Besar di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, dengan luas sekitar 13 hektare dapat menjadi pilihan lokasi pembangunan RSUD Tipe B di Kepulauan Seribu.

"Lokasi relatif berada di tengah agar mudah dijangkau semua warga Kepulauan Seribu, termasuk yang tinggal di Pulau Sabira sebagai pulau terluar wilayah Jakarta. Apalagi sudah ada landasan helipad di sana," kata Dailami.

Ia menambahkan, jika RSUD Tipe B ini dapat direalisasikan maka juga dapat meningkatkan serapan tenaga kerja, khususnya di bidang kesehatan.

"Untuk tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Kepulauan Seribu ini saya kira sudah selayaknya diberikan insentif khusus," kata Dailami.

Tidak kalah penting, sambung Dailami, Pemprov DKI Jakarta juga harus memperbanyak kapal-kapal ambulans gawat darurat gratis untuk memudahkan transportasi pasien menuju rumah sakit.

"Saya berharap minimal masing-masing ada dua kapal ambulans yang bisa disiagakan di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara," demikian Dailami. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA