Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BMKG Imbau Pemudik Tunda Perjalanan saat Cuaca Buruk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 26 Maret 2024, 13:16 WIB
BMKG Imbau Pemudik Tunda Perjalanan saat Cuaca Buruk
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati/Istimewa
rmol news logo Cuaca ekstrem diprediksi masih akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia sepanjang masa mudik Idulfitri 2024.

Oleh karena itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengimbau para pemudik meningkatkan kewaspadaan. Pun tidak memaksakan diri melakukan perjalanan ketika cuaca buruk.

“Kami mengimbau kepada seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik. Kondisi atmosfer di Indonesia sangat dinamis, sehingga bisa tiba-tiba berubah,” kata Dwikorita, dikutip dari laman BMKG, Selasa (26/3).

Para pemudik juga disarankan untuk aktif melihat informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

Dwikorita juga mengimbau agar para pemudik, terutama pemudik yang menggunakan moda transportasi laut, untuk tidak memaksakan diri. Bahkan dianjurkan untuk menunda perjalanan ketika kondisi cuaca sedang buruk.

“Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan," jelasnya.

BMKG bersama BRIN, BNPB, dan TNI AU telah menyiapkan opsi untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

"Semua dalam posisi standby. BMKG juga membuka posko pelayanan selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA