Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tahun Ini 40 Ribu Jemaah Haji Lansia, Petugas Harus Total Melayani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 26 Februari 2024, 09:38 WIB
Tahun Ini 40 Ribu Jemaah Haji Lansia, Petugas Harus Total Melayani
Jemaah haji/Ist
rmol news logo Petugas haji harus memiliki komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah. Apalagi jumlah jemaah lansia pada 2024 masih cukup besar, lebih dari 40 ribu lebih dari total kuota haji Indonesia.

"Tahun ini, jumlah jemaah lansia masih mendominasi. Untuk itu, petugas haji harus totalitas dan sepenuhnya mendedikasikan dirinya untuk memperhatikan jemaah. Seperti disampaikan Gus Menteri Agama, anggaplah jemaah sebagai bapak, ibu, kakek atau nenek kita," kata Staf Khusus Menteri Agama (Stafsus Menag) Wibowo Prasetyo dikutip Senin (26/2).

Wibowo meminta para petugas haji kloter bekerja seprofesional. Profesional ini harus dilandasi dengan pengetahuan akan tugasnya secara tepat. Disiplin dan paham betul akan tugas pokok dan fungsinya.

"Kalau ada yang tidak profesional pasti kita pulangkan. Tahun lalu sudah ada yang kita pulangkan sebelum menjalani puncak haji karena mereka, petugas, malah jadinya merepotkan jemaah. Petugas nggak boleh justru malah merepotkan jemaah," kata Wibowo.

Wibowo juga meminta para petugas bisa menjadi duta bangsa Indonesia. Untuk itu, petugas harus menjaga betul marwah sebagai petugas dengan sebaik-baiknya.

"Yang lebih penting, petugas haji saatnya menjadi humas yang baik. Semuanya harus menyampaikan informasi faktual dan sekaligus yang menenangkan bagi jemaah. Petugas harus jadi penjernih informasi atau clearance atas berita fake dan hoaks," kata Wibowo.

"Manfaatkan akun-akun media sosial masing-masing. Petugas harus memikiki akun media sosial. Buat berita pendek, video testimoni kepuasaan jemaah, narasi positif, dan lain-lain yang membuat jemaah atau keluarganya di Tanah Air merasa tenang karena jemaah terlayani dengan baik," sambungnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA