Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendagri Tito: Cegah Urbanisasi, Ayo Bangun Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Minggu, 03 Desember 2023, 20:06 WIB
Mendagri Tito: Cegah Urbanisasi, Ayo Bangun Desa
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian/Ist
rmol news logo Pembangunan desa dan kelurahan mampu mencegah urbanisasi berlebihan. Menurut Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pembangunan desa dan kelurahan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan.

Melalui siaran pers, dia mengingatkan, sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di desa. Dan bila desa dan kelurahan dibangun, kesejahteraan tercipta, maka generasi muda potensial tidak tertarik lagi ke kota.

Dengan begitu, kata Tito lagi, Indonesia tidak mengalami urbanisasi berlebihan, seperti yang dihadapi Jepang dan Korea Selatan.

Di Jepang misalnya, sebagian besar warga berbondong-bondong pergi ke kota besar yang berpusat Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Desa-desa pun sepi. Begitu juga dengan Korsel, penduduknya terkonsentrasi di Seoul dan Busan.

"Nah, sebelum hal itu terjadi, kita perlu mengembangkan desa dan kelurahan, sehingga masyarakat bisa nyaman di desa, dekat dengan alam, tetapi rezeki seperti di kota,” jelas Tito, beberapa waktu lalu, di Jakarta.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA