Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Daerah Lain, Heru Tekan Inflasi Nataru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 30 November 2023, 10:10 WIB
Gandeng Daerah Lain, Heru Tekan Inflasi Nataru
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/Ist
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan pemerintah daerah  Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, serta Kota Bekasi, untuk mengendalikan inflasi menjelang akhir tahun 2023 atau Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

"Sesuai arahan Mendagri pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah se-Indonesia pada 20 November 2023, yang perlu dilakukan adalah Gerakan Tanam. Gerakan ini untuk mengatasi permasalahan terutama kenaikan harga komoditas cabai rawit dan cabai merah," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dikutip Kamis (30/11).

Selain itu, Heru menyebut, arahan lain dari Mendagri adalah melakukan aksi stabilisasi pasokan dan harga pangan. Cara ini bisa dilaksanakan dengan mengecek ketersediaan stok, mengawasi sistem dan jalur distribusi, serta meningkatkan cadangan pangan.

Hal ini menjadi fokus, mengingat mendekati Hari Besar Keagamaan Nasional Natal, Tahun Baru, dan event besar lainnya, maka perlu adanya penanganan terhadap pangan.

Wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat memiliki andil terhadap perekonomian nasional pada tahun 2022 sebesar Rp 6.356,50 triliun atau sebesar 32,45%. Bahkan, kontribusi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) terhadap perekonomian nasional pada tahun 2022 sebesar Rp 4.504,26 triliun atau sebesar 22,99% (sumber data BPS, diolah).  

Wilayah Jabodetabek berkontribusi sebesar 46,15% terhadap inflasi nasional. Selain itu, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten berkontribusi sebesar 53,34% terhadap inflasi nasional.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA