Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Museum Nasional Klaim Hanya Koleksi Replika yang Terdampak Kebakaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 17 September 2023, 11:25 WIB
Museum Nasional Klaim Hanya Koleksi Replika yang Terdampak Kebakaran
Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah ditutup sementara/RMOL
rmol news logo Sebagian koleksi yang terdampak kebakaran di Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah merupakan barang replika. Koleksi lainnya dipastikan dalam keadaan aman.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra menjelaskan ada enam ruangan di Gedung A yang terdampak.

"Sedangkan 15 ruangan lainnya di Gedung A serta ruangan pamer Gedung B dan C sama sekali tidak terdampak. Api tidak menyebar," kata Mahendra, Minggu (17/9).

Prioritas utama saat ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," sambungnya.

Sebagai langkah pencegahan tambahan, untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung, Museum Nasional akan sementara ditutup.

Nantinya seluruh tiket yang telah dibeli pengunjung dapat diuangkan kembali dengan prosedur kebijakan yang diinformasikan lebih lanjut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA