Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratih: Kebakaran Museum Nasional Harus Diusut Tuntas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 22 September 2023, 18:06 WIB
Ratih: Kebakaran Museum Nasional Harus Diusut Tuntas
Anggota Komisi X DPR RI, Ratih Megasari Singkarru/Ist
rmol news logo Kebakaran di Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah, tidak boleh terulang. Peristiwa itu juga harus diusut tuntas, segera!

“Insiden itu mengundang keprihatinan, sekaligus menguatkan kebutuhan mendesak agar evaluasi menyeluruh terhadap pengamanan dan pengelolaan museum di negeri ini segera dilakukan,” kata anggota Komisi X DPR RI, Ratih Megasari Singkarru, lewat keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (22/9).

Menurutnya, investigasi penting dilakukan, untuk mengetahui apakah insiden itu disengaja, lalai, atau memang cermin dari kelemahan sistem mitigasi kebakaran pada gedung Museum Nasional.

“Analisis mendalam akan menjadi langkah awal yang fundamental untuk merumuskan solusi efektif memitigasi risiko ke depannya,” imbuhnya.

Dia meminta pemerintah dan pengelola museum lainnya meningkatkan sistem keamanan. Ini bentuk tanggung jawab kolektif menjaga peninggalan sejarah yang penting, sebagai sumber ilmu pengetahuan, pendidikan, dan warisan kultural bagi generasi mendatang.

Menimbang besarnya risiko dan kerentanan yang ada, legislator Nasdem itu mengusulkan peningkatan deteksi dini ancaman kebakaran beserta mitigasinya.

"Mari kita belajar dari insiden itu, dan bersama memastikan keberlanjutan dan kelestarian museum serta artefak-artefak berharga di dalamnya untuk generasi mendatang,” pungkas Ratih.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA