Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Heru: TMII akan Jadi Ujung Tombak Destinasi Wisata Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 03 September 2023, 07:22 WIB
Heru: TMII akan Jadi Ujung Tombak Destinasi Wisata Jakarta
Warga berbondong-bondong mendatangi TMII yang sudah selesai direvitalisasi/RMOLJakarta
rmol news logo Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diharapkan dapat menjadi ujung tombak destinasi wisata di Jakarta karena merepresentasikan ragam budaya Indonesia.

Dengan tampilan wajah baru, kata Heru, TMII yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur diharapkan juga dapat menjadi ikon besar pariwisata di Indonesia.

“Kami di DKI Jakarta bersyukur dengan diresmikannya renovasi TMII ini. Kita yakin dengan wajah baru, TMII akan menjadi ujung tombak destinasi pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja di Indonesia, karena TMII ini seperti miniatur dari Indonesia,” kata Heru melalui siaran persnya dikutip Minggu (3/9).

Heru menambahkan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat dalam menjaga bersama TMII, karena menjadi ikon baru pariwisata nasional.

"Dalam hal ini, apabila sudah selesai pembangunannya, dan telah menghadirkan suasana baru, tugas kita adalah merawatnya bersama. Hal ini agar anak dan cucu kita di kemudian hari terus bisa menikmati berwisata ke TMII, karena ini merupakan warisan nasional," kata Heru.

Presiden RI Joko Widodo meresmikan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada Jumat malam (1/9), di Cipayung, Jakarta Timur.

Revitalisasi TMII dilaksanakan atas sinergi Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Jokowi mengatakan, revitalisasi TMII ini dilakukan untuk mengembalikan semangat awal destinasi wisata tersebut yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto.

Revitalisasi ini untuk mengembalikan TMII seperti masterplan awal, yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan.

“Kalau siang mestinya Taman Mini Indonesia Indah sekarang ini bisa lebih sejuk, karena konsepnya telah dikembalikan seperti pada masterplan awalnya, yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan,” kata Jokowi.

Perlu diketahui, revitalisasi TMII dilakukan sejak Januari 2022 dengan anggaran lebih dari Rp1 triliun. Selain itu, perusahaan BUMN, PT InJourney, juga menginvestasikan sekitar Rp200 miliar untuk beautifikasi dan atraksi lainnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA