Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Kualitas Udara Jabodetabek, Pemerintah Wacanakan Kebijakan Four In One

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 14 Agustus 2023, 20:32 WIB
Soal Kualitas Udara Jabodetabek, Pemerintah Wacanakan Kebijakan Four In One
Ilustrasi polusi udara Jakarta/Ist
rmol news logo Sejumlah langkah disiapkan Pemerintah Pusat untuk mengatasi masalah kualitas udara di wilayah Jabodetabek yang saat ini masuk kategori polusi tertinggi di dunia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan, pemerintah bakal memperketat pelaksanaan uji emisi, termasuk membuat kebijakan empat penumpang dalam satu mobil atau four in one.

“Katakanlah dari Bekasi, dari Tangerang, dari Depok, mereka bersama-sama ke kantor, gantian mobilnya, sehingga jumlahnya akan menurun,” kata Budi, usai rapat terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi, di Jakarta, Senin (14/8).

Pemerintah juga mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV), sekaligus meminta PLN memperbanyak stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

“Saya harapkan tidak saja instansi pemerintah, swasta yang berdomisili di Jabodetabek hendaknya mulai menggunakan EV, dari motor, mobil, bersamaan dengan yang lain,” katanya.

Faktor utama penyebab memburuknya kualitas udara di Jabodetabek bersumber dari kendaraan bermotor. Berdasar data yang dihimpun, ada 24,5 juta kendaraan berseliweran di Jabodetabek.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA