Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Digagas Jokowi Sejak 2013, Pertemuan Gubernur dan Walikota se-ASEAN Kembali Digelar di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 01 Agustus 2023, 14:07 WIB
Digagas Jokowi Sejak 2013, Pertemuan Gubernur dan Walikota se-ASEAN Kembali Digelar di Jakarta
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/Ist
rmol news logo Kegiatan Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023 kembali digelar di Jakarta. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ini digelar di Fairmont Hotel, Jakarta Pusat, pada Selasa (1/8).

MGMAC dan AMF dihadiri lebih dari 500 peserta, meliputi gubernur dan walikota negara-negara ASEAN serta perwakilan asosiasi pemerintah daerah dari negara anggota ASEAN. Terdapat juga peserta dari community permanent representative ASEAN, mitra kerja sama, dan badan multilateral lainnya.

"Tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan rangkaian acara MGMAC & AMF 2023 pada 1-2 Agustus 2023 dalam rangka mendukung Keketuaan Indonesia di ASEAN yang mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengawali sambutannya.

Heru menyampaikan, MGMAC pertama kali dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta saat Joko Widodo masih menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2013.

“Sejak saat itu, MGMAC diselenggarakan setiap tahun, berotasi mengikuti Keketuaan ASEAN dalam menyalurkan aspirasi pemerintah kota dan daerah untuk mendukung perwujudan visi komunitas ASEAN 2025,” lanjut Heru.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh delegasi akan berbagai ide, pengalaman, hingga praktik terbaik. Serta bekerja sama mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan melalui pembahasan topik-topik prioritas terkait pertumbuhan ekonomi inklusif, transformasi digital, pembangunan berkelanjutan dan aksi iklim, tujuan pembangunan berkelanjutan, serta tata kelola dan peningkatan kerja sama.

“Kami percaya bahwa pembangunan kota yang berkelanjutan akan mendukung tujuan kita bersama memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan untuk kemakmuran rakyat ASEAN dan dunia,” tandas Heru. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA