Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Badko HMI Jabodetabeka-Banten Tanam Ribuan Mangrove di Pulau Tidung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Minggu, 30 Juli 2023, 23:00 WIB
Badko HMI Jabodetabeka-Banten Tanam Ribuan Mangrove di Pulau Tidung
Badko HMI Jabodetabeka - Banten dan Dedikasi Kita melakukan penanaman mangrove di sepanjang pantai pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu/Ist
rmol news logo Badko HMI Jabodetabeka - Banten dan Dedikasi Kita menanam 4 ribu pohon mangrove di sepanjang pantai pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia.

Penanaman mangrove ini lantaran pohon tersebut memiliki berbagai macam banyak fungsi diantaranya berperan penting sebagai ekosistem pelindung pantai dari abrasi, pemecah ombak dan tsunami, produsen makanan bagi makhluk hidup pesisir serta ekosistem penyerap dan penyimpan karbon bagi ekosistem pesisir.

Ketua Umum HMI Badko Jabodetabeka - Banten Fadli Rumakefing mengatakan, dengan adanya penanaman mangrove ini diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir.

“Hingga memperbaiki habitat di daerah pantai,” kata Fadil dalam keterangan tertulis, Minggu (30/7).

Sementara itu, Founder Dedikasi Kita, Achmad Fathullah menambahkan, mangrove selain berperan sebagai penyerap juga penting dalam upaya mitigasi pemanasan global.

“Bahkan bisa jadi potensi ekonomi yakni buah mangrove yang menjadi tingkat pendapatan untuk masyarakat pesisir pulau tidung bisa olahan di buat keripik, skincare, dan minyak,” kata Achmad.

Dalam rangka momentum hari mangrove sedunia ini juga jadi ajang untuk melindungi pesisir dari kemungkinan nanti adanya perubahan iklim sehingga air dari permukaan laut naik atau ada gelombang besar sehingga bisa menahan, ini memang proteksi alam yang diperlukan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA